Saifurrisal, Ahmad Hasan (2015) Penerapan strategi REACT berorientasi penemuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-H SMP Negeri 20 Malang materi persamaan linear dua variabel / Ahmad Hasan Saifurrisal. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Saifurrisal Ahmad Hasan. 2015. Penerapan Strategi REACT Berorientasi Penemuan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-H SMP Negeri 20 Malang Materi Persamaan Linear Dua Variabel. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Abdul Qohar M.T. Kata kunci pembelajaran kontekstual strategi REACT berorientasi penemuan aktivitas belajar hasil belajar. Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas VIII-H SMP Negeri 20 Malang menunjukkan bahwa sebagian besar siswa mengalami kesulitan pada materi persamaan linear dua variabel. Kesulitan yang dialami siswa diduga karena guru lebih sering mengajar dengan model pembelajaran ekspositori sehingga siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar dan menyebabkan hasil belajar siswa kurang maksimal. Maka perlu diterapkan metode pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa yaitu pembelajaran kontekstual dengan strategi REACT berorientasi penemuan.Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran dengan strategi REACT berorientasi penemuan yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-H SMP Negeri 20 Malang materi persamaan linear dua variabel. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data penelitian berupa hasil wawancara daftar nilai siswa pada tes di tiap akhir siklus dan data hasil observasi yang didapatkan dari observer. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara observasi angket lembar penilaian aktivitas siswa tes catatan lapangan dan dokumentasi. Kegiatan analisis data dimulai dari reduksi data penyajian data verifikasi data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis tersebut diperoleh kesimpulan bahwa penerapan strategi REACT berorientasi penemuan pada materi persamaan linear dua variabel dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-H SMP Negeri 20 Malang pada materi persamaan linear dua variabel. Persentase aktivitas siswa pada siklus I sebesar 71 875% dengan kategori baik tetapi masih ada poin pengamatan yang bernilai 2. Persentase aktivitas siswa pada siklus II sebesar 87 5% dengan kategori sangat baik dan setiap poin pengamatan mencapai minimal nilai 3. Hasil tes siswa pada siklus I menunjukkan bahwa 56 25% siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM yaitu 75 dengan rata-rata hasil tes yang diperoleh adalah sebesar 71 8125. Hasil tes siswa pada siklus II menunjukkan bahwa 87 5% siswa yang memperoleh nilai mencapai KKM yaitu 75 dengan rata-rata hasil tes yang diperoleh adalah sebesar 84 125.Berikut ini langkah-langkah pembelajaran dengan strategi REACT berorientasi penemuan yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas VIII-H SMP Negeri 20 Malang pada materi persamaan linear dua variabel 1)guru memberikan apersepsi dan motivasi 2) menerapkan strategi REACT berorientasi penemuan dengan tahapan tahap eksplorasi tahap diskusi dan presentasi masalah baru dan tahap aplikasi dan ekspansi 3) siswa mengomunikasikan hasil diskusi kelompok kemudian bersama-sama guru membuat kesimpulan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 16 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15916 |
Actions (login required)
View Item |