Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam inovasi pembelajaran saintifik religius (studi multisitus SDIT Baitul Izzah dan SDI Plus Baitul Ikhlas Kabupaten Nganjuk) / Bagus Rachmad Saputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam inovasi pembelajaran saintifik religius (studi multisitus SDIT Baitul Izzah dan SDI Plus Baitul Ikhlas Kabupaten Nganjuk) / Bagus Rachmad Saputra

Saputra, Bagus Rachmad (2020) Kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam inovasi pembelajaran saintifik religius (studi multisitus SDIT Baitul Izzah dan SDI Plus Baitul Ikhlas Kabupaten Nganjuk) / Bagus Rachmad Saputra. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Peran kepala sekolah memiliki peranan penting dalam menggerakkan guru dalam upaya peningkatan kualitas pembelajaran di sekolah. Sebagai seorang pemimpin di sekolah kepala sekolah perlu menerapkan kepemimpinan pembelajaran dalam upaya mengkondisikan guru agar mampu menerapkan model pembelajaran yang telah menjadi program unggulan sekolah. Sekolah pun beragam jenisnya baik sekolah negeri maupun swasta. Model sekolah pun juga beragam ada yang umum dan ada pula yang berciri khas agama. Tentu kepemimpinan yang diterapkan kepala sekolah di sekolah umum berbeda dengan sekolah berbasis agama. Pada sekolah berbasis agama bukan hanya berfokus pada pencapaian prestasi belajar peserta didik namun juga menginternalisasikan nilai-nilai agama kedalam aktivitas pembelajaran di sekolah. Oleh karena itu tidak jarang ditemui jika sekolah-sekolah berbasis agama mengedepankan kecerdasan spiritual selain kecerdasan intelektual sebagai identitas mereka. Meski demikian sekolah berbasis agama memiliki tantangan yang sama dengan sekolah umum yakni bagaimana dapat mengembangkan inovasi pembelajaran yang modern dengan ciri khas mereka pembelajaran saintifik religius. Tentu dalam hal ini peran kepemimpinan kepala sekolah begitu penting dalam mengarahkan tujuan pembelajaran di sekolah berbasis religius. Penelitian ini dilaksanakan oleh peneliti dengan berfokus pada (1) kepemimpinan pembelajaran yang diterapkan kepala sekolah dalam inovasi pembelajaran saintifik religius (2) inovasi pembelajaran yang dilakukan kepala sekolah pada pembelajaran berbasis saintifik religius dan (3) dukungan masyarakat terhadap kepemimpinan kepala sekolah dalam melakukan inovasi pembelajaran berbasis saintifik religius di sekolah pada SDIT Baitul Izzah dan SDI Plus Baitul Ikhlas Kabupaten Nganjuk sebagai sekolah yang sama-sama memiliki latar belakang sebagai sekolah berciri khas agama Islam dengan model terpadu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multi situs. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam secara terstruktur maupun tidak terstruktur pengamatan langsung dan studi dokumentasi. Kemudian data yang diperoleh dicatat dalam bentuk catatan lapangan dan juga transkrip rekaman wawancara. Data selanjutkan direduksi dan dianalisis dengan teknik trianggulasi untuk mengecek keabsahan data yang telah diperoleh oleh peneliti. Selain trianggulasi peneliti juga melakukan member check dan juga diskusi dengan teman sejawat terkait data yang telah diperoleh. Kemudian data diorganisir dan dianalisis secara berulang-ulang baik dalam satu situs maupun lintas situs guna menemukan konsep temuan penelitian. Hasil dari penelitian tentang kepemimpinan pembelajaran kepala sekolah dalam inovasi pembelajaran saintifik religius ditemukan bahwa (1) kepemimpinan pembelajaran yang diterapkan oleh kepala sekolah berangkat dari visi misi dan tujuan sekolah dengan berpedoman kepada nilai-nilai agama Islam yang bersumber pada kitab suci Al Qur an dan hadist yang selanjutnya nilai-nilai tersebut diinternalisasikan pada aktivitas pembelajaran (2) inovasi pembelajaran yang dilakukan oleh kepala sekolah melakukan model pembelajaran nilai-nilai agama Islam kedalam model pembiasaan bekerjasma dengan lembaga luar untuk mengembangkan model pembelajaran berbasis agama Islam dan mengembangkan keterampilan berbahasa asing baik bagi peserta didik maupun bagi guru (3) pembelajaran saintifik religius dilakukan dengan model terpadu yakni pembelajaran umum di kelas berbasis tematik dipadukan dengan pembelajaran nilai-nilai agama Islam diluar jam pembelajaran di kelas. Pembelajaran nilai-nilai agama Islam dilakukan dengan pembiasaan perilaku yang sesuai ajaran agama Islam dan pembiasaan beribadah serta kemampuan peserta didik dalam mengaitkan materi pembelajaran dengan nilai-nilai agama yang telah diyakininya.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Jan 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159159

Actions (login required)

View Item View Item