Rochmawati, Wuni Rochmawati (2021) manajemen strategik dalam program online learning selama masa pandemi covid-19 di paud (studi multi kasus di sekolah ceria montessori school dan nasional montessori di jakarta) / wuni rochmawati. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Menjelang tahun ajaran baru 2020/2021 pada masa pandemi Covid-19 sekolah PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) bertindak cepat dalam menanggapi kebijakan pemerintah terkait penutupan pembelajaran tatap muka yang diganti Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Untuk menjaga mutu pendidikannya sekolah mengimplementasikan manajemen strategik sebagai suatu proses berpikir strategis dalam pengambilan keputusan dan tindakan untuk menjalankan PJJ ini melalui program online learning. Online learning sendiri merupakan salah satu model dari PJJ yang 80% kegiatan pembelajarannya dilakukan secara online. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sekolah Ceria Montessori School dan Nasional Montessori sebagai sekolah PAUD di Jakarta mengimplementasikan manajemen strategik dalam program online learning untuk optimalisasi pertumbuhkembangan anak usia dini dengan pendekatan Montessori selama masa pandemi Covid-19 di tahun ajaran 2020/2021. Berdasarkan paparan di atas kemudian dirumuskan empat fokus penelitian yaitu (1) analisis lingkungan sekolah yang berkenaan dengan program online learning untuk optimalisasi pertumbuhkembangan anak usia dini dengan pendekatan Montessori pada masa pandemi Covid-19 di sekolah PAUD (2) formulasi strategi program online learning untuk optimalisasi pertumbuhkembangan anak usia dini dengan pendekatan Montessori pada masa pandemi Covid-19 di sekolah PAUD (3) implementasi strategi program online learning untuk optimalisasi pertumbuhkembangan anak usia dini dengan pendekatan Montessori pada masa pandemi Covid-19 di sekolah PAUD dan (4) evaluasi dan kontrol strategi program online learning untuk optimalisasi pertumbuhkembangan anak usia dini dengan pendekatan Montessori pada masa pandemi Covid-19 di sekolah PAUD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Kehadiran peneliti sebagai alat dalam mengumpulkan data dan menganalisis hasil penelitian. Penelitian ini dilakukan di Ceria Montessori School dan Nasional Montessori. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara mendalam observasi dan studi dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis komparatif konstan. Hasil penelitian dari implementasi manajemen strategik dalam program online learning di tahun ajaran 2020/2021 di masa pandemi Covid-19 pada sekolah-sekolah PAUD Montessori di Jakarta khususnya di sekolah Ceria Montessori School dan Nasional Montessori ialah sebagai berikut (1) Sekolah melakukan analisis lingkungan sekolah yang berkenaan dengan program online learning selama masa pandemi Covid-19 yaitu dengan menganalisis lingkungan internal dan lingkungan eksternal sekolah (2) Sekolah melakukan formulasi strategi program online learning selama masa pandemi Covid-19 yaitu dengan menentukan visi dan misi sekolah menentukan rencana strategi sekolah dan membuat kebijakan sekolah (3) Sekolah melakukan implementasi strategi program online learning selama masa pandemi Covid-19 ini yaitu dengan membentuk dan mengimplementasikan program online learning mengorganisasikan sarana melakukan fungsi budgeting melakukan fungsi staffing menerapkan kepemimpinan strategik dan membuat prosedur untuk program online learning ini dan (4) Sekolah melakukan evaluasi dan kontrol strategi program online learning selama masa pandemi Covid-19 ini yaitu dengan cara menentukan tujuan evaluasi dan kontrol program mengaplikasikan proses kegiatan evaluasi dan kontrol program online learning menetapkan standar evaluasi dan kontrol untuk program online learning serta menentukan tindakan yang diambil dari hasil evaluasi dan kontrol program. Berdasarkan hasil penelitian di atas peneliti memberi saran yang dutujukan kepada pihak terkait yaitu (1) bagi tenaga pendidik alangkah baiknya jika guru dapat bekerja sama dengan orang tua murid dan anak untuk kepentingan kebutuhan belajar anak guru juga harus terus meningkatkan kualitas diri seperti meningkatkan keterampilan pedagogik dan keterampilan personal lainnya (2) bagi tenaga kependidikan atau staf hendaknya dapat membangun komunikasi yang baik dengan guru orang tua murid kepala sekolah dan orang luar sekolah (3) bagi kepala sekolah alangkah baiknya apabila kepala sekolah dapat menjadi model pemimpin yang dapat memotivasi anggotanya serta membuat sistem baku untuk implementasi manajemen strategik dan program online learning ini di sekolah (4) bagi orang tua murid hendaknya orang tua lebih bekerja sama dan terbuka menerima saran dan masukan yang diberikan guru untuk kepentingan kebutuhan belajar anak di rumah. (5) bagi kepala yayasan alangkah baiknya apabila kepala yayasan memotivasi pegawainya untuk memperkaya diri dengan pengetahuan-pengetahuan yang bisa membantu kesuksesan program (6) bagi kepala dinas pendidikan alangkah baiknya apabila pemerintah lebih banyak lagi memberikan bantuan dan juga mengawasi sekolah yang mengimplementasikan pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/159156 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |