Pengembangan lembar kerja siswa beracuan penemuan terbimbing materi transformasi untuk siswa SMP kelas VII / Endah Wahyu Seftitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa beracuan penemuan terbimbing materi transformasi untuk siswa SMP kelas VII / Endah Wahyu Seftitasari

Seftitasari, Endah Wahyu (2015) Pengembangan lembar kerja siswa beracuan penemuan terbimbing materi transformasi untuk siswa SMP kelas VII / Endah Wahyu Seftitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Seftitasari Endah Wahyu. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Beracuan Penemuan Terbimbing pada Materi Transformasi untuk Siswa SMP Kelas VII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Indriati Nurul Hidayah S. Pd. M. Si. Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) Penemuan Terbimbing Transformasi SMP Kelas VII Pemerintah Indonesia telah mengimplementasikan kurikulum terbarunya yang dinamai dengan Kurikulum 2013. Salah satu prinsip kurikulum ini adalah siswa harus aktif mencari tahu. Hasil pengamatan peneliti terhadap salah satu sekolah yang menerapkan kurikulum 2013 yaitu SMPtempat peeliti melakukan PPL menunjukkan bahwa di kegiatan pembelajaran sebagian besar siswa masih belum aktif mencari tahu karena mereka masih mengandalkan penjelasan guru. LKS adalahlembaran-lembaran berisi tugas yang harus dikerjakan siswa. Salah satu keunggulan LKS adalah sebagai bahan ajar yang meminimalkan peran guru dan lebih mengaktifkan peran siswa. Dengan demikian LKS merupakan bahan ajar yang sesuai untuk mendukungkeaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penemuan terbimbing adalah suatu metode pembelajaran yang kegiatan pembelajarannya dimanipulasi guru dengan langkah tertentu untuk membantu siswa menemukan apa yang harus mereka temukan. Salah satu keunggulan pembelajaran dengan metode ini adalah dapat mendukung partisipasi aktif siswa dan sikap inquiry (mencari-temukan) pada siswa. Oleh karena itu LKS beracuan penemuan terbimbing yang dihasilkan pada penelitian dan pengembangan ini diharapkan menjadi alat yang tepat untuk mendukung keaktifan serta sikap mencari tahu siswa dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah mendeskripsikan proses dan hasil pengembangan LKS beracuan penemuan terbimbing materi transformasi untuk siswa SMP kelas VII yang valid praktis dan efektif. produk yang dikembangkan berupa LKS dan RPP. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan. Model pengembangan yang digunakan adalah modifikasimodel pengembangan Plomp.Model pengembangan Plomp terdiri atas lima fase yaitu (1) fase investigasi awal (2) fase desain (3) fase realisasi (4) fase tes evaluasi dan revisi (5) fase inplementasi. Karena keterbatasan waktu dan biaya maka penelitian pengembangan ini hanya sampai pada fase tes evaluasi dan revisi. 8195 Produk yang dikembangkan diujicobakan pada seluruh siswa kelas VII.8 SMP Negeri 6 Malang tepatnya sebanyak 33 siswa. Hasil penelitian dan pengembagan menunjukkan bahwa produk yang dikembangkan memenuhi kriteria valid yang ditunjukkan oleh rata-rata skor hasil validasi LKS sebesar 3 46 dan RPP sebesar 3 69 praktis yang ditujukkan oleh rata-rata skor aktivitas guru sebesar 3 40 (baik) dan efektif yang ditunjukkan oleh rata-rata skor aktivitas siswa sebesar 3 57 (baik) hasil belajar siswa tuntas secara klasikal yaitu 88 87% dari banyak siswa memperoleh skor 8805 75 dan skor respon siswa 3 40 (baik). 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15915

Actions (login required)

View Item View Item