Perspektif guru dan siswa terhadap pelaksanaan model pendidikan 2+1 di SMK Negeri 4 Malang / Ahmad Khakim Amrullah - Repositori Universitas Negeri Malang

Perspektif guru dan siswa terhadap pelaksanaan model pendidikan 2+1 di SMK Negeri 4 Malang / Ahmad Khakim Amrullah

Amrullah, Ahmad Khakim (2020) Perspektif guru dan siswa terhadap pelaksanaan model pendidikan 2+1 di SMK Negeri 4 Malang / Ahmad Khakim Amrullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan terus mengalami perubahan dan pengembangan dengan mengikuti perkembangan dan kemajuan zaman. Pada semua jenjang pendidikan terus melakukan pengembangan-pengembangan agar tidak tertinggal dengan perkembangan ilmu pengetahuan teknologi dan perkembangan zaman termasuk pendidikan kejuruan. Pendidikan kejuruan dalam hal ini SMK merupakan pendidikan yang mengedepankan intelektualitas spiritual sikap dan akhlak serta keterampilan individu siswa. Keterampilan menjadi poin penting dalam pendidikan SMK selain pengetahuan spiritual sikap dan akhlak. SMK Negeri 4 Malang dalam mengasah dan mengembangkan keterampilan siswa menerapkan model pendidikan 2 1 di mana siswa wajib mengikuti praktik kerja lapangan (PKL) di DU/DI selama satu tahun berbeda dengan sekolah menengah kejuruan lain. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana perencanaan dan pelaksanaan model pendidikan 2 1 serta perspektif guru dan perspektif siswa terhadap model pendidikan 2 1 di SMK Negeri 4 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif yang bertujuan untuk mengungkapkan suatu fenomena model pendidikan 2 1 yang terjadi di SMK Negeri 4 Malang. Data penelitian ini diambil dari sumber atau informan yakni waka kurikulum staf humas bagaian pelaksana PKL guru sebanyak enam orang dan 80 siswa di SMK Negeri 4 Malang. Pengambilan data dan informasi dari beberapa informan diambil dengan menggunakan teknik wawancara observasi dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi sumber data dan triangulasi terknik pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pendidikan 2 1 di SMK Negeri 4 Malang dapat dilaksanakan dengan baik. Perencanaan model pendidikan 2 1 ini diawali dengan membangun kerjasama antara pihak sekolah dengan DU/DI melalui penyetaraan kurikulum dan kebutuhan industri. Proses pelaksanaan PKL selama satu tahun di SMK Negeri 4 Malang dimulai selama kelas XI (sebelas) semester genap sampai dengan kelas XII (dua belas) semester ganjil. Dengan durasi pelaksanaan selama dua semester tersebut guru-guru membuat pemampatan materi-materi pembelajaran sehingga seluruh materi selama dua semester dapat diberikan kepada siswa-siswi sebelum mengikuti PKL. Keuntungan yang diperoleh dari penerapan kebijakan ini sangat banyak dirasakan oleh pihak sekolah guru dan siswa sendiri. Di antaranya seperti pihak DU/DI sudah tidak ragu untuk menerima siswa PKL serapan lulusan sekolah yang tinggi di DU/DI dibuktikan dengan data serapan lulusan pemahaman siswa tentang ilmu-ilmu yang berhubungan dengan industri menjadi lebih luas siswa memiliki kematangan yang lebih mendalam dibidang kompetensinya memperkuat hubungan sosial serta sikap dengan rekan kerja. Selain kelebihan yang diperoleh ada beberapa kendala juga yang dihadapi oleh sekolah guru maupun siswa seperti proses pemampatan materi yang banyak dialami guru-guru proses pengembalian karakter siswa agar kembali ke ekosistem sekolah setelah selesai dari PKL tugas-tugas dari DU/DI yang menumpuk diakibatkan karena bersamaan dengan pandemi Covid-19 yang saat ini terjadi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 28 Apr 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159146

Actions (login required)

View Item View Item