analisis pembelajaran daring mata pelajaran praktik siswa smk di masa pandemi covid-19 (studi kasus pada kompetensi keahlian tab smkn 1 singosari) / didin mujahidin - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis pembelajaran daring mata pelajaran praktik siswa smk di masa pandemi covid-19 (studi kasus pada kompetensi keahlian tab smkn 1 singosari) / didin mujahidin

Mujahidin, Didin Mujahidin (2021) analisis pembelajaran daring mata pelajaran praktik siswa smk di masa pandemi covid-19 (studi kasus pada kompetensi keahlian tab smkn 1 singosari) / didin mujahidin. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berbagai permasalahan terjadi lebih dari 1 tahun di masa pandemi Covid-19. Pendidikan vokasi di tingkat SMK merasakan dampak paling besar dibanding politeknik dan universitas. Pembeda di antara 3 lembaga tersebut terletak pada kualitas SDM fasilitas dan akses. Oleh sebab itu penelitian ini dilakukan pada Pendidikan Kejuruan atau SMK yang merasakan dampak paling berat saat diberlakukan pembelajaran jarak jauh. Sedangkan fokus penelitiannya diantaranya adalah analisis permasalahan yang dihadapi pendidik dalam melaksanakan pembelajaran praktik daring analisis permasalahan yang dihadapi peserta didik dalam melaksanakan pembelajaran praktik daring analisis kesiapan teknologi dan fasilitas dalam melaksanakan pembelajaran praktik jarak jauh dan analisis peran lingkungan belajar dalam melaksanakan pembelajaran praktik jarak jauh Pada penelitian kali ini menggunakan metode studi kasus. Sebuah studi yang berusaha mencari esensi makna dari suatu permasalahan yang dialami oleh beberapa individu kelompok yang mengalami kejadian sama. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui dan memahami dinamika pembelajaran daring atau pembelajaran jarak jauh pada mata pelajaran praktik pada pendidikan vokasi tingkat SMK di masa pandemi Covid-19 dan new normal. Dari hasil penelitian menunjukkan berbagai kendala telah dihadapi saat masa pandemi di SMKN 1 Singosari. Kondisi pembelajaran sangat bergantung dengan perkembangan kasus pandemi Covid-19. Sehingga pembelajaran di sekolah tidak menentu menyebabkan ada perubahan beberapa fase model pembelajaran. Dimulai dari daring secara penuh sampai dengan pembelajaran campuran atau blended learning. Upaya penanganan pembelajaran dilakukan dengan menyederhanakan kurikulum dari 10 kompetensi dasar untuk praktik disederhanakan menjadi 4 atau 5. Guru juga diberi kebebasan memilih media yang digunakan. Pada penelitian ini menyimpulkan bahwa pengambilan keputusan dari sekolah pada kondisi kritis sangat dibutuhkan langkah yang cepat dan tepat. Jika tidak demikian keberlangsungan peserta didik dan masa depan penerus bangsa yang menjadi taruhannya. Pada kondisi pembelajaran daring penelitian ini menyimpulkan terkait permasalahan pendidik bahwa aspek kreativitas guru untuk memberikan pembelajaran dalam berbagai model sangat dibutuhkan. Selain itu penguatan keterampilan para guru untuk menguasai teknologi dan mengontrol siswa secara daring diperlukan. Bagi para siswa permasalahan ini bukan penghambat untuk terus belajar dan berkembang. Belajar mandiri adalah kunci agar selamat dari kondisi pendidikan di masa pandemi agar tetap memiliki kemampuan yang dibutuhkan industri. Penelitian ini juga bermanfaat sebagai acuan dan rujukan jika ke depan pandemi masih berlangsung sebagai pelajaran dari pengalaman empirik SMKN 1 Singosari dengan kompetensi keahlian Teknik Alat Berat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159145

Actions (login required)

View Item View Item