Pengembangan media pembelajaran berbasis serious game pada materi dasar statistika dan dinamika / Achmad Syafi Zain - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran berbasis serious game pada materi dasar statistika dan dinamika / Achmad Syafi Zain

Zain, Achmad Syafi Zain (0000) Pengembangan media pembelajaran berbasis serious game pada materi dasar statistika dan dinamika / Achmad Syafi Zain. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Zain A Syafi 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Serious Game Pada Materi Dasar Statistika Dan Dinamika Tesis Program Studi Magister Pendidikan Kejuruan Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Didik Nurhadi S.Pd. M.Pd. Ph.D. (II) Dr. Widiyanti M.Pd. Statistika dan Dinamika (kinematic and statics) merupakan matakuliah dasar teknik untuk mendesain sebuah sistem. Pemanfaatan media pada pembelajaran statistika dan dinamika (kinematic and statics) sangat mendukung dosen dalam menjelaskan konsep materi pembelajaran. Serious game dapat dijadikan sebagai media pembelajaran untuk menarik perhatian dan memperkuat motivasi belajar mahasiswa serta sebagai sarana dalam memberikan pemahaman materi matakuliah statistika dan dinamika. Namun fakta dilapangan menunjukkan penyampaian materi oleh dosen melalui penyampaian informasi dan penggunaan sarana dan prasarana kurang dimanfaatkan khususnya media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis serious game pada materi dasar statistika dan dinamika dan untuk mengetahui respon mahasiswa terhadap penggunaan serious game pada materi dasar statistika dan dinamika. Penelitian ini merupakan penelitian development of research dengan model penelitian waterfall dengan melakukan ujicoba terbatas sebanyak 10 mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa teknik mesin semester satu Universitas Negeri Malang dengan menggunakan teknik random sampling. Teknik analisa data dengan menggunakan angket validasi dari ahli media ahli materi dosen statistika dan dinamika dan angket respon mahasiswa. Hasil penelitian terhadap pengembangan media pembelajaran berbasis serious game terhadap materi dasar statistika dan dinamika sebagai berikut (1) Pengembangan media pembelajaran berbasis serious game sangat cocok diterapkan pada materi dasar statistika dan dinamika untuk mahasiswa teknik mesin Universitas Negeri Malang karena penggunaan media ini sangat mudah dan dalam bentuk aplikasi android yang dapat memudahkan mahasiswa dalam belajar hal tersebut dibuktikan dari hasil validasi ahli media dan ahli materi dengan kategori sangat valid dan sangat layak digunakan sebagai media dalam pembelajaran (2) Pengembangan media pembelajaran berbasis serious game pada materi dasar statistika dan dinamika mendapatkan respon sangat baik dari mahasiswa hal tersebut dibuktikan dengan nilai keseluruhan dari aspek pemahaman mahasiswa minat mahasiswa serta penggunaan media serious game dalam pembelajaran dapat menarik minat serta motivasi mahasiswa dalam belajar sehingga hasil belajar mahasiswa meningkat.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159143

Actions (login required)

View Item View Item