Wafa, Mohammad Wafa (2021) pengembangan perangkat pembelajaran mata pelajaran teknik energi surya untuk menguatkan kompetensi monitoring plts terpusat berbasis internet of things di smkn 1 wonosari / mohammad wafa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Teknologi IoT di masa industri 4 (empat) memiliki potensi hebat untuk membawa poin-poin signifikan pada pendidikan. Kolaborasi teknologi dan pendidikan mengarah pada pembelajaran yang lebih cepat dan sederhana serta meningkatkan pengetahuan dan kualitas peserta didik. IoT di sekolah menengah kejuruan di Indonesia masih terbatas. Perolehan peninjauan menghasilkan bahwa pendidik serta peserta didik SMK telah menggunakan internet secara optimal. Hal tersebut diperkuat dengan pernyataan pendidik produktif di SMKN 1 Wonosari pada kompetensi keahlian Teknik Energi Surya Hidro dan Angin (TESHA) seperti (a) TESHA merupakan kompetensi keahlian baru di indonesia sehingga sumber belajar baik berupa modul pembelajaran dan trainer masih kurang (b) Belum tersedianya Musyawarah Pendidik Mata Pelajaran (c) Kegiatan belajar dilakukan metode konvensional atau berceramah (d) Belum adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terkait dengan IoT (e) Belum adanya trainer IoT dan (f) Peserta didik TESHA kesulitan memahami IoT. Dari enam permasalahan tersebut akan dilakukan penyelesaian tiga masalah yaitu belum adanya Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) terkait dengan IoT membuat trainer IoT dan kesulitan peserta didik dalam memahami IoT. Dari tiga permasalahan tersebut akan dikembangkan seperangkat pembelajaran IoT yang meliputi RPP IoT Trainer IoT dan Modul IoT. Tujuan penelitian ini (a) Mendesain perangkat pembelajaran Teknik Energi Surya untuk menguatkan kompetensi monitoring PLTS terpusat berbasis IoT di SMKN 1 Wonosari (b) Mengembangkan perangkat pembelajaran Teknik Energi Surya untuk menguatkan kompetensi monitoring PLTS terpusat berbasis IoT di SMKN 1 Wonosari (c) Membaca kelayakan perangkat pembelajaran Teknik Energi Surya untuk menguatkan kompetensi monitoring PLTS terpusat berbasis IoT di SMKN 1 Wonosari (d) Mengetahui efektivitas perangkat pembelajaran Teknik Energi Surya untuk menguatkan kompetensi monitoring PLTS terpusat berbasis IoT di SMKN 1 Wonosari. Penelitian dan pengembangan yang dilaksanakan menggunakan acuan Dick and Carey (D amp C). Terdapat sepuluh langkah pada acuan penelitian ini yang mencakup komponen desain pengembang penerapan dan evaluasi. Kaidah menghimpun data adalah angket tes wawancara dan observasi. Pengembangan yang dilaksanakan yaitu RPP modul dan trainer pada mata pelajaran monitoring PLTS terpusat berbasis IoT. Produk perangkat pembelajaran monitoring PLTS terpusat berbasis IoT memiliki kelayakan dalam kategori sangat layak dengan hasil validasi RPP Modul dan Trainer berturut-turut sebesar 88 05% 87 87% dan 88 28%. Keefektifan produk perangkat pembelajaran monitoring PLTS terpusat berbasis IoT memperoleh nilai rata-rata hasil belajar 81 37 dengan kategori efektif digunakan dalam pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/159142 |
Actions (login required)
View Item |