Relevansi sekolah menengah kejuruan terhadap potensi wilayah kabupaten paser / Bayu Aji Seto Nugroho - Repositori Universitas Negeri Malang

Relevansi sekolah menengah kejuruan terhadap potensi wilayah kabupaten paser / Bayu Aji Seto Nugroho

Nugroho, Bayu Aji Seto Nugroho (2021) Relevansi sekolah menengah kejuruan terhadap potensi wilayah kabupaten paser / Bayu Aji Seto Nugroho. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) adalah sekolah yang beorientasi pada dunia kerja dan salah satu tujuan dari SMK adalah memberikan bekal siap kerja pada siswa sebagai tenaga kerja yang terampil pada tingkat menengah dengan persyaratan yang di perlukan oleh dunia kerja. Keberadaan SMK haruslah relevan dengan potensi daerah sebagai penunjang dalam peningkatan ekonomi daerah dan pemanfaatan potensi wilayah tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengetahui relevansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan potensi daerah dan dengan kebutuhan masyarakat serta industri lokal yang terdapat di Kabupaten Paser. Penelitian ini memiliki fokusan penelitian antara lain (1) gambaran SMK dengan potensi daerah (2) Sebaran SMK di Kabupaten Paser (3) tentang kebutuhan tenaga kerja lulusan SMK dan (4) keahlian tenaga kerja lulusan SMK. Dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif. Adapaun teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara obeservasi dan dokumentasi. Analisis data yang dilakukan yaitu dengan penyajian data mereduksi data dan diakhiri dengan kesimpulan. Adapaun narasumber dalam penelitian ini meliputi Seluruh Kepala Sekolah Menengah Kejuruan yang ada di Kabupaten Paser Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Paser Perwakilan Cabang V Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Timur. Berdasarkan hasil analisis data maka deperoleh beberapa hasil penelitian sebagai berikut (1) terdapat 12 SMK dengan 4 SMK Negeri dan 8 SMK Swasta yang mana Kecamatan Tanah Grogot memiliki 6 SMK yang tersedia (2) Beberapa bidang keahlian belum relevan dengan potensi daerah (3) Animo masyarakat akan kehadiran SMK sangatlah positif yang mana dapat dibuktikan dengan total jumlah siswa yang terdata yaitu 4546 siswa jumlah tersebut hanya selisih sedikit dengan jumlah siswa yang ada di SMA (4). Sektor yang masih berpengaruh besar dalam pertumbuhan ekonomi Kabupaten Paser masih pada sektor pertambangan batu bara sebesar 73 41% dan perkebunan kelapa sawit sebesar 10 11% dan (5) kebutuhan tenaga kerja di Kabupaten Paser sangat tinggi namun banyak para lulusan yang bekerja tidak relevan dengan bidang keahlian atau kompetensi yang dimiliki.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > S2 Pendidikan Kejuruan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159141

Actions (login required)

View Item View Item