Pengembangan perangkat pembelajaran materi persamaan kuadrat dengan pendekatan scientific model penemuan terbimbing untuk siswa SMP / Harun Arrosyid

Arrosyid, Harun (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran materi persamaan kuadrat dengan pendekatan scientific model penemuan terbimbing untuk siswa SMP / Harun Arrosyid. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Arrosyid, Harun. 2015.Pengembangan Perangkat Pembelajaran Materi Persamaan Kuadrat dengan Pendekatan Scientific Model Penemuan Terbimbing untuk Siswa SMP. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. MakbulMuksar, S.Pd. M.Si. Kata Kunci : perangkat pembelajaran, pendekatan scientific, model penemuan terbimbing Perangkat pembelajaran merupakan komponen penting dalam proses pembelajaran matematika. Untuk itu, guru sebagai perencana dan pengelola pembelajaran diharapkan dapat mengembangkan perangkat pembelajaran yang dapat mengaktifkan siswa serta mewujudkan pembelajaran yang baik.Pendekatan yang digunakan untuk menghasilkan pembelajaran yang baik adalah pendekatan scientific. Pendekatan tersebut merupakan pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku saat ini yaitu kurikulum 2013. Untuk mendukung terlaksananya pembelajaran dengan pendekatan scientific, model pembelajaran yang dapat digunakan adalah model penemuan terbimbing. Perangkat pembelajaran menggunakan pendekatan scientific model penemuan terbimbing adalah perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang menggunakan langah-langkah pembelajaran pendekatan scientific yang dipadukan dengan tahapan-tahapan penemuan terbimbing dan memberikan kesempatan siswa untuk menemukan kembali konsep matematika secara mandiri dengan bimbingan guru. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah menghasilkan perangkat pembelajaran materi persamaan kuadrat yang valid, praktis, dan efektif. Metode yang digunakan dalam mengembangkan perangkat pembelajaran ini adalah metode Research and Development (R&D). Metode tersebut dimodifikasi sehingga tahapan-tahapan dalam pengembangan perangat pembelajaran ini adalah potensi masalah, pengumpulan informasi, mendesain perangkat pembelajaran, melakukan validasi desain, revisi, uji coba kelompok kecil, revisi, dan produksi draft akhir perangkat pembelajaran.Dalam penelitian ini, dilakukan tiga uji terhadap kualitas produk pengembangan yang terdiri atas uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh empat orang validator yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan tiga orang praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan melakukan uji coba produk pada 27 orang siswa kelas VIII sebagai subjek uji coba. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil yaitu: (1) persentase kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 91,01% dan 88,63%, (2) persentase kepraktisan RPP dan LKS berturut-turut adalah 93,92% dan 93,5% dan (3) persentase siswa yang mendapatkan nilai di atas SKM adalah 100% yang ditunjukkan dengan semua subjek uji coba memperoleh nilai kuis dari tiap pertemuan dalam KD 3.3 lebih dari atau sama dengan 75. Dengan demikian, perangkat pembelajaran materi persamaan kuadrat menggunakan pendekatan scientific model penemuan terbimbing yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Meskipun perangkat pembelajaran telah dinyatakan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, revisi berdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba tetap dilakukan untuk penyempurnaan produk yang dikembangkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15914

Actions (login required)

View Item View Item