transformasi digital: training of trainer (tot) dengan menggunakan e-learning sebagai media pelatihan / faizal haqqi - Repositori Universitas Negeri Malang

transformasi digital: training of trainer (tot) dengan menggunakan e-learning sebagai media pelatihan / faizal haqqi

Haqqi, Faizal Haqqi (2021) transformasi digital: training of trainer (tot) dengan menggunakan e-learning sebagai media pelatihan / faizal haqqi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pengaruh teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia kerja terutama dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) semakin terasa sejalan dengan adanya pergeseran pola pengembangan karyawan melalui training dari tatap muka ke arah training yang lebih terbuka dan bermedia. Hakekat E-learning adalah bentuk pelatihan konvensional yang dituangkan dalam format digital melalui teknologi internet. E-learning dapat digunakan dalam pelatihan jarak jauh atau pelatihan konvensional tergantung kepentingannya. Pelatihan E-learning ini didesain sebagai alat bantu dalam proses Pelatihan proses Pelatihan dan pusat informasi untuk peserta pelatihan. Produk yang diharapkan dalam pengembangan E-learning berbasis website yang efektif dan efesien dalam meningkatkan mutu Lembaga Pelatihan Instruktur dan kebutuhan informasi peserta pelatihan serta sesuai standar yang dirancang (Training Need Analysis) dan mengacu pada SKKNI (Standar Kualifikasi Kerja Nasional Indonesia) sehingga pada akhirnya dapat dilanjutkan hingga pelaksanaan Uji Kompetensi yang menjadi nilai lebih. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (RnD). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara pengembangan serta penggunaan Elearning berbasis website pada Metodologi Pelatihan Skema Merancang Program Pelatihan dan Untuk mengetahui sejauh mana kelayakan E-learning berbasis website pada Metodologi Pelatihan Skema Merancang Program Pelatihan di Balai Latihan Kerja Merdeka Kabupaten Blitar. Model pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan milik Robert Maribe Branch yang terdiri dari 5 tahap Analysis Design Development Implementation dan Evalution atau sering disebut ADDIE. Hasil penelitian yang berdasarkan pada hasil validasi uji ahli media ini dinyatakan layak untuk digunakan hasil analisis data dari angket ahli materi diperoleh hasil prosentase sebesar 100% yang artinya produk ini sangat layak untuk digunakan ahli materi diperoleh prosentase sebesar 100% yang artinya produk ini sangat layak untuk digunakan ahli kelayakan pelatihan diperoleh prosentase sebesar 96 4% yang artinya produk ini sangat layak untuk digunakan. Berdasarkan uji coba lapangan terhadap media pelatihan yang dilakukan kepada 8 peserta pelatihan memperoleh respon yang sangat baik dengan prosentase 91 8% dan 89 7% terhadap uji coba lapangan pasca pelatihan yang artinya produk ini sangat layak untuk digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S2 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159129

Actions (login required)

View Item View Item