Penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-E SMP Negeri 4 Malang pada materi persamaan linear dua variabel / Yulia Puspitaningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-E SMP Negeri 4 Malang pada materi persamaan linear dua variabel / Yulia Puspitaningrum

Puspitaningrum, Yulia (2015) Penerapan model pembelajaran kooperatif Team Assisted Individualization (TAI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-E SMP Negeri 4 Malang pada materi persamaan linear dua variabel / Yulia Puspitaningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspitaningrum Yulia. 2015. Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individualization Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-E SMP Negeri 4 Malang pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. Kata Kunci Team Assisted Individualization Hasil Belajar Berdasarkan observasi awal serta wawancara kepada guru pengajar matematika kelas VIII-E SMP Negeri 4 Malang diketahui bahwa metode yang digunakan pada pembelajaran matematika adalah metode diskusi. Pembagian kelompok untuk diskusi berdasarkan teman bangku terdekat dan siswa yang berkemampuan sama cenderung berkelompok sehingga kelompok yang terbentuk tidak setara dalam aspek kemampuan akademik. Beberapa kelompok mengalami kesulitan ketika mengerjakan tugas namun tidak semua kelompok berani untuk menyampaikan kesulitan tersebut pada guru. Pada akhirnya hanya kelompok yang berani bertanya pada guru yang memperoleh pemahaman lebih dalam tentang topik bahasan pada pertemuan tersebut. Dengan model pembelajaran seperti itu pada materi persamaan garis lurus hanya 41 67% dan pada materi fungsi hanya 45 8% dari total keseluruhan siswa kelas VIII-E yang nilainya memenuhi Standar Kelulusan Minimal (SKM). Berdasarkan berbagai alasan tersebut maka perlu adanya penanganan terhadap perbedaan kemampuan individu sehingga hasil belajar siswa kelas VIII-E SMP Negeri 4 Malang dapat ditingkatkan. Model pembelajaran yang diterapkan adalah team assisted individualization (TAI). Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran team assisted individualizationyang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-E SMP Negeri 4 Malang pada materi Persamaan Linier Dua Variabel (PLDV). Langkah-langkahpembelajaranteam assisted individualizationmengandungdelapankomponenyaituplacement test team curriculum material team study teaching group whole classunit fact test danteam score and team recognition. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjalan dalam 2 siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputihasil observasiaktivitas guru hasilobservasiaktivitassiswa danhasiltesakhirsiklus. Observasiaktivitas guru danaktivitassiswaberpedomanpadalembarobservasiyang berisifakta di lapanganselamakegiatanpembelajaran. Data penelitian menunjukkan bahwa setelahpenerapan model pembelajaranteam assisted individualization hasil belajar siswa kelas VIII-E SMP Negeri 4 Malang mengalami peningkatan. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perbandinganpresentase siswakelas VIII-E SMP Negeri 4 Malang yang mencapai ketuntasan belajar atau mendapat nilai lebih dari atau sama dengan 75padateskemampuanawaldanpadatesakhirsiklus. Pada tes kemampuan awal50% dari keseluruhan siswa kelas VIII-E SMP Negeri 4 Malang mencapai ketuntasan belajar.Setelah penerapan model pembelajaran team assisted individualization presentase siswa kelas VIII-E SMP Negeri 4 Malang yang mencapai ketuntasan belajarpada siklus I meningkat menjadi 62 5% dan pada siklus II meningkat menjadi 70 83%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15912

Actions (login required)

View Item View Item