studi konfigurasi pemanen energi piezoelektrik untuk optimasi orde ekstraksi daya luaran / saparullah - Repositori Universitas Negeri Malang

studi konfigurasi pemanen energi piezoelektrik untuk optimasi orde ekstraksi daya luaran / saparullah

Saparullah (2021) studi konfigurasi pemanen energi piezoelektrik untuk optimasi orde ekstraksi daya luaran / saparullah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kajian ilmiah mengenai peningkatan performa piezoelektrik telah banyak dilakukan dalam satu dekade terakhir. Satu keping piezoelektrik memiliki keterbatasan orde daya ekstraksi sehingga peningkatan orde daya ekstraksi dapat dilakukan dengan menyusun beberapa keping piezoelektrik menjadi satu luaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konfigurasi rangkaian pemanen energi multi-keping yang paling efektif digunakan untuk meningkatkan orde ekstraksi daya luaran serta pengaruh jenis dioda terhadap performa luaran. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah piezoelektrik komersial jenis lead zirconate titanate (PZT) serta dioda yang digunakan adalah dioda silikon tipe 1N400x dan dioda Schottky tipe KL4. Enam keping PZT disusun berbentuk larik 2 x 3 ditempatkan pada dua bidang akrilik dengan bantalan lem di tepi serta di bagian tengah-atas PZT untuk mendapatkan efek lengkung saat gaya 20 N diberikan di atas bidang akrilik. Keenam keping PZT disusun dalam konfigurasi seri dan paralel serta divariasi dengan penambahan rangkain penyerah penuh (FBR) berbasis dioda silikon dan Schottky. Hasil karakterisasi pola XRD mengonfirmasi material piezoelektrik yang digunakan berupa PZT dengan parameter kisi a b 4 07 Aring dan c 4 10 Aring serta memiliki space group P4mm. Uji SEM menunjukkan ketebalam PZT 216 micro m. Daya luaran yang diukur berupa daya rangkaian terbuka dan daya rangkaian tertutup menggunakan kapasitor. Hasil penelitian menunjukkan konfigurasi paralel dengan enam penyearah silikon memiliki performa tertinggi dengan daya luaran maksimum rangkaian terbuka sebesar 1 05 mW pada dioda silikon dan 0 90 mW pada dioda Schottky sedangkan daya luaran efektif pada rangkaian tertutup sebesar 1 24 mW pada dioda silikon dan 0 91 mW pada dioda Schottky. Secara umum kedua jenis dioda tidak memiliki selisih performa yang signifikan. Walaupun demikian jenis dioda silikon bekerja lebih baik pada empat variasi konfigurasi sedangkan dioda Schottky bekerja lebih baik pada satu variasi konfigurasi rangkaian.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 15 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159110

Actions (login required)

View Item View Item