pengaruh zn, dan mn terhadap struktur, energi gap dan sifat kelistrikan cu1-xmxs (m = zn, mn) / dicky aditya - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh zn, dan mn terhadap struktur, energi gap dan sifat kelistrikan cu1-xmxs (m = zn, mn) / dicky aditya

Aditya, Dicky (2021) pengaruh zn, dan mn terhadap struktur, energi gap dan sifat kelistrikan cu1-xmxs (m = zn, mn) / dicky aditya. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dalam penelitian ini dilaporkan sintesis karakterisasi dan analisis termoelektrik Cu1-xMxS (M Zn Mn). Metode sintesis Cu1-xMxS (M Zn Mn) nanopartikel dalam penelitian ini menggunakan metode polyol termodifikasi. Modifikasi dalam metode ini menggunakan stabilisator NaBH4 dibanding polyol asal. Variasi setiap doping disiapkan untuk x 0.1 0.5 dan 0.9 molar. Langkah awal melarutkan CuS beserta dopan pada TEG menggunakan stirrer selama 1 jam dengan suhu 100 oC kemudian memindahkan larutan pada threeneck flask dengan aliran gas nitrogen selama 1 jam dan ditambah stabilisator. Setelah dialiri gas kemudian larutan di sentrifugasi dengan kecepatan 6000 rpm sehingga meghasilkan larutan berwarna hitam. Proses pengeringan dilakukan dengan menggunakan furnace dengan suhu 150oC dalam waktu 60 menit. Deposisi material menggunakan metode dropcasting pada kaca preparat dengan suhu pengeringan 50oC selama 2 jam. Karakterisasi film Cu1-xMxS (M Zn Mn) dilakukan dengan menggunakan XRD SEM Efek Hall UV-Vis dan I-V meter. Berdasarkan analisis pola XRD menunjukan bahwa doping berhasil masuk mensubtitusi sebagian posisi Cu yang dapat diindikasi bahwa tidak munculnya puncak lain selain CuS dan tidak muncul puncak khas doping serta terjadinya pergeseran posisi puncak difraksi XRD semakin bertambahnya doping juga menyebabkan semakin besarnya ukuran butir. Morfologi pada uji SEM menghasilkan bahwa doping semakin menyebabkan perubahan bentuk butir dengan awal berbentuk bulat berongga menjadi bola teraglomerasi. Hasil analisis energi gap data UV-Vis menunujukan bahwa sampel cenderung memiliki sifat semikonduktor. Sementara itu hasil analisis data pengukuran I-V menunjukkan bahwa kenaikan konduktivitas listrik meningkat dengan bertambahnya doping. Konduktivitas tertinggi dicapai oleh doping Zn (0.9) sebesar 8.4x103 .cm-1) dan Mn (0.9) sebesar 8.1x103 .cm-1).

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Fisika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Aug 2021 04:29
Last Modified: 28 Jul 2023 07:26
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159108

Actions (login required)

View Item View Item