Rahmawati (2008) Pengembangan paket layanan informasi tentang pendidikan seks (dari segi biologis dan kesehatan) dan hiv-aids untuk siswa kelas viii di SMP Negeri 3 Lawang / Rahmawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Masa remaja merupakan bagian penting dalam perkembangan individu. Pada masa ini terjadi kematangan organ-organ fisik (seksual) sehingga mampu memproduksi hormon seks yang menyebabkan berkembangnya minat terhadap lawan jenis. Kematangan seks pada remaja (siswa) telah menjadi perhatian tersendiri bagi konselor sekolah hal ini disebabkan kekhawatiran akan munculnya perlikau seksual yang tidak sehat. Pendidikan seks perlu diberikan pada siswa dengan tujuan agar siswa dapat memiliki pengetahuan yang benar dan mencegah timbulnya penyimpangan seksual. Kurangnya informasi tentang pendidikan seks dapat menimbulkan penyimpangan-penyimpangan seksual pada remaja. Maraknya kasus penyimpangan seks baik itu infeksi menular seksual aborsi kehamilan tidak diinginkan banyak dialami oleh remaja. HIV-AIDS adalah salah satu contoh infeksi penyakit menular yang saat ini penderitanya semakin meningkat dan sebagian besar penderitanya adalah kaum remaja. Kurangnya informasi terhadap HIV-AIDS membuat remaja tidak paham bagaimana melindungi dirinya agar mereka tidak terinfeksi. Terkait dengan masalah pendidikan seks dan HIV-AIDS peranan orang tua dan sekolah khususnya konselor mempunyai tugas untuk mecegah terjadinya penyimpangan seksual dan HIV-AIDS. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dengan memberikan layanan informasi kepada siswa dengan jalan memberikan penjelasan tentang hal-hal atau sesuatu yang dipandang perlu dan berguna dalam kehidupan siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan paket layanan informasi tentang pendidikan seks (dari segi biologis dan kesehatan) dan HIV-AIDS. Tujuan umum dari paket layanan informasi ini adalah meningkatkan pengetahuan konselor dan siswa mengenai pendidikan seks (dari segi biologis dan kesehatan) dan HIV-AIDS. Paket layanan informasi ini terdiri dari 3 bagian yaitu (1) pendahuluan (2) isi materi dan (3) evaluasi. Model pengembangan yang digunakan adalah model pembelajaran Dick Carey. Pada pengembangan ini penulis dapat melaksanakan sampai pada langkah yaitu (1) penyusunan paket layanan informasi (2) uji ahli (3) revisi paket dan uji coba kelompok kecil calon pengguna produk yaitu konselor.Penilaian dilakukan oleh 2 orang ahli yaitu ahli BK dan ahli media pembelajaran. Data yang diperoleh adalah data kualitatif dan kuantitatif. Sedangkan tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan mengunakan angket untuk penilaian uji ahli dan calon pengguna produk.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 20 Feb 2008 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2008 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1591 |
Actions (login required)
View Item |