Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi persamaan linier dua variabel untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 4 Malang / Kinanti Retnaning Widyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi persamaan linier dua variabel untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 4 Malang / Kinanti Retnaning Widyani

Widyani, Kinanti Retnaning (2015) Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi persamaan linier dua variabel untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 4 Malang / Kinanti Retnaning Widyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Widyani Kinanti Retnaning. Penerapan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Persamaan Linier Dua Variabel untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII-C SMP Negeri 4 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. Kata Kunci Contextual Teaching and Learning (CTL) Hasil Belajar. Berdasarkan observasi dan diskusi dengan guru matematika kelas VIII-C SMP Negeri 4 Malang peneliti mendapatkan fakta bahwa siswa VIII-C kurang antusias dalam mengikuti pembelajaran matematika. Hal ini terlihat ketika pembelajaran berlangsung siswa cenderung pasif. Siswa juga mengalami kesulitan dalam mengerjakan soal penerapan. Selain itu hasil belajar mereka tergolong kurang. Dari hasil ulangan harian siswa yang mendapat nilai sesuai Standar Ketuntasan Minimal (SKM) hanya sebesar 58%. Hal itu juga didukung oleh nilai tes kemampuan awal materi prasyarat persamaan linier dua variabel presentase banyak siswa yang mendapat nilai sesuai SKM adalah 54 1%. Maka dari itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang menarik dan memberi kesempatan siswa untuk mengonstruksi sendiri pengetahuan sehingga hasil belajar mereka meningkat. Pembelajaran yang diterapkan adalah contextual teaching and learning (CTL) pada materi persamaan linier dua variabel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan CTL pada materi persamaan linier dua variabel yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C SMP Negeri 4 Malang. Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran CTL pada materi persamaan linier dua variabel. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa kelas VIII-C setelah penerapan CTL pada materi persamaan linier dua variabel. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) hasil observasi aktivitas guru dan siswa selama pembelajaran 2) hasil catatan lapangan 3) jurnal yang ditulis siswa dan 4) tes akhir siklus. Contextual Teaching and Learning (CTL) yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VIII-C memiliki komponen sebagai berikut 1) sebagai landasan berpikir pembelajaran bahwa siswa mengonstruksi sendiri pengetahuan 2) inquiry yaitu menemukan sendiri hipotesis awal dan pengetahuan dari topik pembelajaran pada setiap pertemuan 3) questioning yaitu menyusun pertanyaan atau merumuskan masalah berdasarkan permasalahan yang tersaji 4) learning community yaitu bekerja secara berkelompok dalam menyelesaikan lembar kegiatan siswa (LKS) 5) modeling yaitu pemodelan yang diberikan oleh guru dengan menggunakan media analogi sederhana dan contoh permasalahan 6) reflection yaitu mereview kegiatan yang dilakukan dalam proses pembelajaran dan 7) authentic assessment yaitu menuliskan jurnal yang terdiri dari topik pembelajaran keberhasilan dan kesulitan yang telah dicapai siswa dari pembelajaran perasaan dan komentar selama mengikuti pembelajaran serta harapan untuk pembelajaran selanjutnya dan kuis. CTL ini diterapkan pada materi PLDV. Data penelitian ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa meningkat. Peningkatan hasil belajar ini terlihat pada peningkatan presentase banyak siswa yang mendapatkan nilai sesuai SKM yaitu dari tes kemampuan awal sebesar 54 1% pada tes siklus I meningkat menjadi 62 5% dan pada siklus II meningkat menjadi 79 1%.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15909

Actions (login required)

View Item View Item