Analisis kemampuan pemecahan masalah kaidah pencacahan siswa undifferentiated schizophrenia (studi kasus di MA Bilingual Batu) / Putri Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kemampuan pemecahan masalah kaidah pencacahan siswa undifferentiated schizophrenia (studi kasus di MA Bilingual Batu) / Putri Novitasari

Novitasari, Putri (2020) Analisis kemampuan pemecahan masalah kaidah pencacahan siswa undifferentiated schizophrenia (studi kasus di MA Bilingual Batu) / Putri Novitasari. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Undifferentiated schizophrenia merupakan salah satu penyakit atau gangguan mental yang ditandai dengan adanya delusi halusinasi dan gangguan tingkah laku. Salah satu siswa kelas 12 IPA di MA Bilingual Batu ada yang didiagnosa mengalami gangguan mental tersebut. Berdasarkan hasil observasi awal siswa tersebut jarang memperhatikan guru atau mengerjakan tugas. Ia sering menunjukkan perilaku yang berlebihan seperti berlari-lari mengelilingi kelas dan bernyanyi dengan suara lantang pada saat kegiatan pembelajaran berlangsung. Hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa siswa tersebut merupakan satu-satunya siswa yang menggunakan gambar dalam menjawab masalah yang diberikan. Masalah kaidah pencacahan yang diberikan merupakan masalah tentang pengambilan sepatu secara acak yang tidak sepasang. Materi kaidah pencacahan sendiri berkaitan erat dengan konteks nyata sehingga banyak siswa yang kesulitan dalam menyelesaikannya. Begitupula dengan solusi yang diberikan oleh siswa dengan undifferentiated schizophrenia juga tidak tepat. Kesalahan yang dilakukan adalah siswa tersebut memperhatikan urutan dalam pengambilan sepatu secara acak padahal seharusnya urutan dalam pengambilan tidak diperhatikan. Oleh karena itu perlu dilakukan kajian lebih lanjut tentang kemampuan pemecahan masalah siswa tersebut. Kemampuan pemecahan masalah yang dimaksud pada penelitian ini adalah kemampuan dalam memahami masalah menyusun rencana melakukan pemecahan masalah serta melihat kembali pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah tersebut sesuai dengan langkah pemecahan masalah menurut Polya yaitu memahami masalah menyusun rencana melakukan pemecahan masalah dan melihat kembali. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah kaidah pencacahan siswa undifferentiated schizophrenia berdasarkan langkah pemecahan masalah Polya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus pada siswa undifferentiated schizophrenia sehingga subjek penelitiannya adalah seorang siswa undifferentiated schizophrenia kelas 12 IPA MA Bilingual Batu. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 sampai 31 Mei 2020. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tiga masalah kaidah pencacahan dan pedoman wawancara. Masalah kaidah pencacahan I dan II diberikan pada tanggal 30 Mei 2020 dengan waktu yang berbeda. Sedangkan masalah kaidah pencacahan III diberikan pada tanggal 31 Mei 2020. Wawancara dilakukan setelah subjek menyelesaikan setiap masalah yang diberikan. Data yang diperoleh dalam penelitian ini berupa hasil penyelesaian tiga masalah kaidah pencacahan dan hasil wawancara dengan subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa undifferentiated schizophrenia mampu memahami masalah kaidah pencacahan yang ditunjukkan dengan siswa tersebut mampu menjelaskan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada masalah serta mampu menentukan informasi yang digunakan dalam pemecahan masalah. Siswa tersebut mampu menyusun rencana pemecahan masalah dengan tepat. Siswa tersebut dapat menyelesaikan masalah kaidah pencacahan yang diberikan sesuai dengan rencana pemecahan masalah yang sudah diajukan sebelumnya tetapi masih terdapat beberapa kesalahan dalam proses penyelesaian masalah. Sehingga dapat dikatakan bahwa ia tidak mampu melakukan pemecahan masalah. Siswa tersebut juga tidak mampu melihat kembali pemecahan masalah yang sudah dilakukan karena ia tidak dapat memberikan kesimpulan dengan tepat serta tidak mengecek kembali langkah dan solusi yang diperoleh.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S2 Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159088

Actions (login required)

View Item View Item