Ta'liimu mahaarati al-istima' fi qismi al-adabi al-'arabi bi jami'ah Malang al-hukumiyah / Mufidatul Ilmi Muyassarah - Repositori Universitas Negeri Malang

Ta'liimu mahaarati al-istima' fi qismi al-adabi al-'arabi bi jami'ah Malang al-hukumiyah / Mufidatul Ilmi Muyassarah

Muyassarah, Mufidatul Ilmi (2020) Ta'liimu mahaarati al-istima' fi qismi al-adabi al-'arabi bi jami'ah Malang al-hukumiyah / Mufidatul Ilmi Muyassarah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Muyassarah Mufidatul Ilmi. 2019. Pembelajaran Kemahiran Menyimak Jurusan Sastra Arab Universitas Negeri Malang. Tesis Jurusan Keguruan Bahasa Arab Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Moh. Ainin M.Pd. dan (2) Dr. Nur Hidayati M. Pd. Kata kunci Pembelajaran Kemahiran Menyimak Jurusan Sastra Arab. Elemen-elemen pembelajaran terdiri dari tujuan materi metode media dan evaluasi. Elemen-elemen ini harus teraplikasi di dalam pembelajaran menyimak dengan baik. Di dalam pembelajaran menyimak juga terdapat kendala-kendala yang dihadapi. Ditinjau dari latar belakang tersebut peneliti ingin mendeskripsikan proses pembelajaran menyimak dan kendala-kendala yang dihadapi serta bagaimana pengajar dan mahasiswa menanggulangi kendala tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran menyimak jurusan sastra Arab universitas negeri malang dengan rincian sebagai berikut 1) mendeskripsikan rancangan pembelajaran 2) mendeskripsikan proses pembelajaran menyimak 3) mendeskripsikan evaluasi pemebelajaran menyimak 4) mendeskripsikan kendala-kendala pembelajaran menyimak jurusan sastra Arab Universitas Negeri Malang. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Tempat penelitian adalah di jurusan sastra Arab Universitas Negeri Malang. Sampel penelitian adalah mahasiswa kelas C semester 2 tahun pembelajaran 2018-2019 jurusan sastra Arab Universitas Negeri Malang. Data penelitian ini merupakan data kualitatif dengan sumber datanya adalah peneliti mahasiswa dan pengajar. Instrument penelitiannya adalah 1) pedoman observasi 2) pedoman wawancara 3) dokumentasi. Metode pengumpulan data penelitian ini adalah 1) observasi 2) wawancara 3) studi dokumentasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah 1) reduksi data 2) penyajian data dan 3) penarikan kesimpulan. Uji keabsaha data pada penelitian ini adalah 1)observasi terus menerus 2) Mendiskusikan data hasil analisis dengan pihak tertentu yang dipandang ahli 3) memeriksa kembali catatan lapangan secara cermat 4) Triangulasi. Hasil penelitian adalah 1) perencanaan pembelajaran menyimak jurusan sastra Arab Universitas Negeri Malang sudah baik karena RPS pembelajaran istimak sudah sesuai dengan peraturan elemen RPS yang berlaku. 2) proses pembelajaran menyimak jurusan sastra Arab sudah baik karena sudah memuat semua unsur pokok di dalam pembelajaran meliputi kegiatan pendahuluan kegiatan inti dan penutup. Penerapan media metode yang menarikpun sudah terlaksana dengan baik. 3) proses evaluasi pembelajaran menyimak jurusan sastra Arab di bagi menjadi 3 yaitu evaluasi harian UTS dan UAS. 4) kendala pembelajaran menyimak jurusan sastra Arab dibagi menjadi 3 jenis yaitu 1) kendala mahasiswa yang meliputi lemahnya bakat minat dan motivasi terhadap pembelajaran 2) kendala pengajar yang meliputi kesulitan pengajar dalam menyampaikan materi pembelajaran yang dikarenakan kurangnya bakat minat dan motivasi mahasiswa terhadap pemebelajaran serta target pembelajaran yang harus sama dengan kelas yang kemampuan berbahasanya jauh di atas kelas C 3) kendala lainnya yang meliputi fasilitas lab menyimak yang kurang memadai dan penjadwalan pembelajaran menyimak di waktu yang tidak efektif

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 May 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159084

Actions (login required)

View Item View Item