Pengembangan lembar kerja kegiatan siswa sejalan dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan lingkaran untuk kelas XI / Ristiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja kegiatan siswa sejalan dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan lingkaran untuk kelas XI / Ristiana

Ristiana (2015) Pengembangan lembar kerja kegiatan siswa sejalan dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan lingkaran untuk kelas XI / Ristiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Ristiana. 2015. Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Sejalan dengan Pendekatan Saintifik pada Pokok Bahasan Lingkaran untuk Kelas XI. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Ipung Yuwono M.S M.Sc. Kata Kunci pengembangan LKS pendekatan Saintifik Lingkaran Perubahan kurikulum diikuti juga dengan perubahan pola pikir terhadap kegiatan pembelajaran. Dengan adanya perubahan pola pikir tersebut tentunya diperlukan bahan ajar yang mendukung terjadinya perubahan pola pikir. Akan tetapi kenyataannya bahan ajar khususnya LKS yang beredar banyak yang tidak sesuai dengan kurikulum baru. Untuk mengatasi permasalahan tersebut akan dilaksanakan penelitian dan pengembangan untuk mengembangkan LKS yang sesuai dengan kurikulum 2013 pokok bahasan Lingkaran untuk kelas XI. LKS yang dikembangkan sejalan dengan pendekatan Saintifik yang memuat lima tahapan yaitu mengamati menanya menggali informasi mengaitkan dan mengkomunikasikan. Kelima tahapan tersebut dikemas dalam pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan peserta didik untuk memahami konsep persamaan baku dan persamaan umum lingkaran. Pengembangan LKS mengacu pada model pengembangan yang dikemukakan oleh Plomp dengan modifikasi yaitu dengan meniadakan fase implementasi. Pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan LKS yang valid efektif dan praktis. Kevalidan LKS dapat diketahui berdasarkan hasil validasi tiga validator yaitu teman sejawat dosen ahli dan praktisi. Sedangkan keefektifan dan kepraktisan LKS dapat diketahui dari uji coba lapangan. Uji coba lapangan dilakukan terhadap peserta didik yang belum pernah mempelajari persamaan lingkaran akan tetapi telah menguasai materi prasyarat. 8195

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15908

Actions (login required)

View Item View Item