Astarini, Windy (2015) Pengembangan modul berbasis saintifik dilengkapi dengan mind mapping pada materi barisan dan deret untuk kelas X SMA / Windy Astarini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Astarini Windy. 2015. PengembanganModulBerbasisSaintifikDilengkapidenganMind Mapping padaMateriBarisandanDeretuntukKelas X SMA. Skripsi Program StudiPendidikanMatematika. JurusanMatematika. FakultasMatematikadanIlmuPengetahuanAlamUniversitasNegeri Malang. Pembimbing Drs. Slamet M.Si. Kata Kunci Modul Saintifik Mind Mapping BarisandanDeret Padatahunajaran 2013/2014 diterapkankurikulum 2013 yang berpusatpadasiswa. Dalampenerapannya guru dituntutuntuklebihkreatifmerancangpembelajaranataupunbahan ajar yang digunakansesuaipendekatansaintifik.Padakurikulum 2013 sumberbelajarutama yang digunakanadalahbukuteks. Hal initidakmemungkinkanuntukmenggunakansumberbelajar lain yaitumodul. Modulinidigunakansebagaiperangkatpenunjangpembelajaransebelumkegiatantatapmuka di kelas sehingga proses pembelajaranpadasaatdi kelasakanberlangsungefektifdanefisien.Salah satumatapelajaran yang harusdikuasaisiswaadalahmatematika sehinggapadakegiatanpembelajaranmatematikaperluadanyateknikkhususuntukmempermudahsiswadalammempelajari memahami bahkanmengingatmateri.Tekniktersebutadalahmind mapping.Olehkarenaitu penelitibermaksudmengembangkanmodulberbasissaintifikdilengkapidenganmind mappingpadamateribarisandanderetuntukkelas X SMA. Modulberbasissaintifikdilengkapidenganmind mapping merupakansaranapembelajaran yang disusunsecarasistematisterdiriatasserangkaiankegiatanpembelajaran yang sesuaidengankonseppendekatansaintifikdandilengkapidenganmind mapping sehinggamampumencapaitujuan yang telahdirumuskansecarakhususdanjelastanpabimbingan. Tujuandaripenelitianiniadalahmendeskripsikan proses sertamenghasilkanmodulberbasissaintifikdilengkapidenganmind mapping padamateribarisandanderetuntukkelas X SMA yang valid praktis danefektif.PengembanganmodulinimengadaptasidaripenelitianPlomp yang terdiriempatfaseyaitu 1) faseinvestigasiawal 2) fasedesain 3) faserealisasi/konstruksi dan 4) fasetes evaluasi danrevisi. Padafasekeempatakandilakukanujikevalidan yang dilakukanolehsatu orangdosendandua orang guru ahlimatematika sedangkanujikepraktisandanujikeefektifanakandilakukanolehenamsiswasebagaisubjekujicoba. Berdasarkananalisis data hasilujikevalidan ujikepraktisan danujikeefektifandiperolehhasilyaitu 1) persentaseskorkevalidansebesar 87 12% dengankriteria valid 2) persentaseskorkepraktisansebesar 92 08% dengankriteriapraktis dan3)padaujikeefektifansemuasubjekujicobamemperolehskorlebihatausamadenganKriteriaKetuntasan Minimum (KKM) yaitu 75. Secarakeseluruhandapatdisimpulkanbahwamodul yang dikembangkandinyatakan valid praktis danefektif. Meskipundemikianmodulperlupenyempurnaan sehinggadilakukanrevisiberdasarkan saran ataucatatandaridosen guru maupunsiswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 16 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15906 |
Actions (login required)
View Item |