Pengembangan lembar kerja siswa dilengkapi alat peraga dengan pendekatan penemuan terbimbing pada materi operasi aljabar untuk siswa kelas VIII / Liza Asruroh

Asruroh, Liza (2015) Pengembangan lembar kerja siswa dilengkapi alat peraga dengan pendekatan penemuan terbimbing pada materi operasi aljabar untuk siswa kelas VIII / Liza Asruroh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Asruroh, Liza. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa Dilengkapi Alat Peraga dengan Pendekatan Penemuan Terbimbing pada Materi Operasi Aljabar untuk Siswa Kelas VIII. Skripsi, Jurusan Matematika, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, UM. Pembimbing: Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati, M.Pd. Kata Kunci: pengembangan LKS, alat peraga, penemuan terbimbing, operasi aljabar Matematika merupakan pelajaran yang perlu dikuasai namun banyak siswa yang menganggap matematika sebagai pelajaran yang sulit. Salah satu materi matematika yang dianggap sulit oleh siswa adalah materi operasi aljabar. Masalah tersebut dapat dikurangi melalui pendekatan pembelajaran yang digunakan. Pendekatan penemuan terbimbing merupakan pendekatan pembelajaran yang memfasilitasi siswa untuk menemukan suatu konsep sendiri dengan bimbingan dari guru. Pendekatan ini sesuai dengan perkembangan kognitif usia SMP. Bahan ajar terutama LKS yang menggunakan pendekatan tersebut masih jarang. Disamping penggunaan pendekatan pembelajaran yang sesuai, pembelajaran materi operasi aljabar dapat ditunjang dengan adanya penggunaan alat peraga. Terkait dengan hal tersebut diperlukan pengembangan LKS dengan pendekatan penemuan tersebut. Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan LKS dilengkapi alat peraga dengan pendekatan penemuan terbimbing pada materi operasi aljabar untuk siswa kelas VIII yang valid, praktis dan efektif. Model yang digunakan dalam pengembangan adalah modifikasi model Plomp. Tahap-tahap model Plomp yang dimodifikasi dalam pengembangan ini adalah tahap investigasi awal, tahap perancangan, tahap realisasi, dan yang terakhir adalah tahap tes, evaluasi dan revisi. LKS dan RPP divalidasi oleh tiga validator, satu validator ahli yaitu dosen matematika UM, dan dua validator praktisi yaitu guru matematika SMP. Berdasarkan hasil validasi diperoleh bahwa nilai kevalidan LKS adalah sebesar 4,41 dan nilai kevalidan RPP adalah sebesar 4,50. Berdasarkan hasil tersebut maka LKS dan RPP yang dikembangkan tergolong kriteria valid. Berdasarkan komentar dan saran validator dilakukan revisi terhadap LKS, yaitu yang pertama berupa perbaikan kesalahan penulisan kata dan beberapa tanda baca. Revisi selanjutnya pada petunjuk penggunaan kartu aljabar pada topik penjumlahan dan pengurangan bentuk aljabar berupa pengurangan petunjuk yang tidak diperlukan. LKS diujicobakan pada 6 siswa SMP. Data uji coba tersebut terdiri atas hasil uji kompetensi dan hasil angket siswa. Hasil uji kompetensi siswa menunjukkan lebih dari 80% siswa memperoleh nilai di atas SKM. Angket siswa menunjukkan lebih dari 80% siswa memberikan rata-rata nilai lebih dari sama dengan 3,00. Dengan dua persentase tersebut dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan memenuhi kriteria efektif. Untuk menilai kepraktisan LKS dilakukan dengan angket penilaian kepraktisan yang diberikan kepada praktisi. Praktisi yang dimaksud terdiri atas dua orang guru matematika SMP. Berdasarkan penilaian tersebut diperoleh rata-  

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 16 Jun 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15905

Actions (login required)

View Item View Item