Pengaruh proyek vlog terhadap kecemasan berbicara Bahasa Jerman sebagai bahasa asing / Adam Budiansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh proyek vlog terhadap kecemasan berbicara Bahasa Jerman sebagai bahasa asing / Adam Budiansyah

Budiansyah, Adam (2020) Pengaruh proyek vlog terhadap kecemasan berbicara Bahasa Jerman sebagai bahasa asing / Adam Budiansyah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki pengaruh proyek vlog pada kecemasan berbicara bahasa Jerman sebagai bahasa asing. Fenomena kecemasan berbicara telah menjadi salah satu fenomena negatif dalam pembelajaran bahasa asing. Meski fenomena tersebut telah banyak dikaji akan tetapi kajian penanganannya masih jarang dilakukan utamanya pada konteks pembelajaran bahasa Jerman di Indonesia. Pada penelitian ini dilakukan kajian untuk melawan kecemasan berbicara melalui proyek vlog. Proyek vlog merupakan tugas berbasis proyek yang didalamnya terdapat diskusi kelompok kecil dan pemanfaatan teknologi. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen. Sumber data pada penelitian ini diambil dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang (Prodi PBJ FS UM). Untuk mengetahui skor kecemasan berbicara mahasiswa Prodi PBJ FS UM digunakan instrumen lembar Public Speaking Class Anxiety Scale (PSCAS). Data penelitian ditabulasi dan dianalisis menggunakan perangkat lunak SPSS. Hasil penelitian ini ialah meski tidak signifikan proyek vlog dapat mereduksi kecemasan berbicara bahasa Jerman sebagai bahasa asing.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S2 Keguruan Bahasa
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 07 Apr 2020 04:29
Last Modified: 14 Dec 2022 00:53
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159037

Actions (login required)

View Item View Item