Pengembangan strategi pembelajaran just in time teaching (jitt) berlandaskan konsep belajar tringo di mam sunan ampel nganjuk / Risma Chulashotud Diana - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan strategi pembelajaran just in time teaching (jitt) berlandaskan konsep belajar tringo di mam sunan ampel nganjuk / Risma Chulashotud Diana

Diana, Risma Chulashotud (2021) Pengembangan strategi pembelajaran just in time teaching (jitt) berlandaskan konsep belajar tringo di mam sunan ampel nganjuk / Risma Chulashotud Diana. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian pengembangan tesis ini adalah mengembangkan strategi pembelajaran Just In Time Teaching (JITT) berlandaskan konsep belajar TRINGO. Dilatar belakangi oleh kebutuhan pendidikan di Madrasah Aliyah Modern Sunan Ampel Nganjuk yakni masalah di pembelajaran mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS. Pada pembelajaran tersebut guru pengampu mata pelajaran memberikan pernyataan bahwa kurangnya keaktifan dan motivasi belajar peserta didik. Hal ini mengkibatkan kurang interaktifnya pembelajaran sehingga kemampuan peserta didik dalam berpikir analisis dan kritis menjadi sulit. Kemudian setelah dilakukan wawancara dengan guru dilakukan juga wawancara dengan peserta didik. Dari kegiatan tersebut menghasilkan data bahwa kurangnya kemenarikan dan tantangan dalam pembelajaran sosiologi. Ditambah lagi dengan kondisi pandemi yang mengakibatkan keterbatasan gerak dan penggunaan kuota yang menjadikan beban tersendiri bagi keberlasngsungan pembelajaran. Dengan berbagai permasalahan yang sudah ditelaah maka peneliti membuat solusi dengan mengembangkan strategi pembelajaran Just In Time Teaching (JITT) berlandaskan konsep belajar TRINGO. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan dan prosedur penelitian dick and carey. Penelitian ini melibatkan tiga validator yaitu ahli strategi ahli materi dan ahli perancang pembelajaran. Kemudian dilakukan juga validasi kepada praktisi yakni guru pengampu mata pelajaran sosiologi. Hasil penelitian pengembangan ini akan menambah kekayaan nasional dalam bidang pendidikan. Berdasarkan hasil validasi keseluruhan validator diperoleh penilaian kepada strategi pembelajaran ini yakni strategi pembelajaran dinilai layak praktis interaktif dan menarik sesuai dalam definisi operasionalnya. Dengan penelitian ini diharapkan permasalahan yaitu strategi pembelajaran sebelumnya dapat diminimalisir. Pembelajaran sosiologi di MAM Sunan Ampel dapat tercapai tujuan pembelajaran meskipun dilakukan dalam kondisi belajar daring di masa pandemi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Sep 2021 04:29
Last Modified: 31 Jul 2023 08:25
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159029

Actions (login required)

View Item View Item