Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan teorema Pythagoras untuk siswa SMP kelas VIII / Mohammad Emsa Arifin

Arifin, Mohammad Emsa (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berbasis pendekatan saintifik pada pokok bahasan teorema Pythagoras untuk siswa SMP kelas VIII / Mohammad Emsa Arifin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Arifin, Mohammad Emsa. 2015. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Pendekatan Saintifik Pada Pokok Bahasan Teorema Pythagoras Untuk Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Indriati Nurul Hidayah, S.Pd, M.Si. Kata kunci: perangkat pembelajaran, pendekatan saintifik, teorema Pythagoras          Kurikulum 2013 menekankan kegiatan pembelajaran yang lebih mengaktifkan siswa. Hal ini menuntut guru melakukan inovasi dalam kegiatan pembelajaran. Salah satu caranya adalah dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang memenuhi tuntutan Kurikulum 2013. Namun, pada saat ini masih sedikit perangkat pembelajaran yang mampu memenuhi tuntutan Kurikulum 2013. Oleh karena itu perlu dikembangkan perangkat pembelajaran matematika dengan pendekatan saintifik. Perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik adalah perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang didalamnya memuat 5 tahapan pendekatan saintifik, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengomunikasikan.     Berdasarkan wawancara yang dilakukan penulis pada akhir bulan Nopember tahun 2014, masih banyak siswa yang kesulitan dalam memahami materi Teorema Pythagoras. Kebanyakan siswa mengalami kesulitan karena mereka tidak paham materi dan tidak tahu cara mengaplikasikan materi yang telah diperoleh pada permasalahan-permasalahan matematika yang berkaitan dengan teorema Pythagoras.     Berdasarkan uraian di atas, tujuan pengembangan yang dilakukan adalah menghasilkan perangkat pembelajaran pokok bahasan teorema Pythagoras dengan pendekatan saintifik yang valid dan praktis. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan diharapkan dapat membantu siswa memahami konsep Teorema Pythagoras melalui kegiatan mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengomunikasikan.     Model pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp dalam Hobri (2010:17), terdiri atas: (1) tahap investigasi awal, (2) tahap desain, (3) tahap realisasi/konstruksi, dan (4) tahap tes, evaluasi, dan revisi. Dalam penelitian ini, dilakukan dua uji terhadap kualitas produk pengembangan yang terdiri atas uji kevalidan dan uji kepraktisan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua orang validator yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan satu orang guru Matematika. Sedangkan uji kepraktisan dilakukan dengan melakukan uji coba produk pada 9 orang siswa kelas VIII sebagai subjek uji coba.     Berdasarkan analisis data yang dilakukan, diperoleh hasil yaitu persentase kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 94% dan 91%, sedangkan persentase kepraktisan LKS adalah 85%. Dengan demikian, perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik pada pokok bahasan teorema Pythagoras untuk siswa SMP kelas VIII telah memenuhi kriteria valid dan praktis.     Perangkat pembelajaran ini diharapkan dapat digunakan di dalam kelas sebagai salah satu alternatif bahan ajar, tidak hanya dipakai pada kelompok kecil. Perangkat pembelajaran dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan terbatas pada pokok bahasan teorema Pythagoras, sehingga pengembangan selanjutnya dapat dilakukan pada materi lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15902

Actions (login required)

View Item View Item