Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berciri scientific pada materi barisan aritmatika dan geometri untuk siswa SMP kelas IX / Mohammad Agung

Agung, Mohammad (2015) Pengembangan perangkat pembelajaran matematika berciri scientific pada materi barisan aritmatika dan geometri untuk siswa SMP kelas IX / Mohammad Agung. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Agung, Mohammad. 2014. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berciri Scientific Pada Materi Barisan Aritmatika dan Geometri untuk Siswa SMP Kelas IX. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Prof. Dr. H. Ipung Yuwono, M.S, M.Sc. Kata Kunci : perangkat pembelajaran, pendekatan scientific, barisan aritmatika dan barisan geometri Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang memegang peran penting dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari.. Seiring dengan perkembangan pendidikan di dunia, kurikulum di Indonesia telah mengalami berbagai perubahan yang bertujuan untuk memperbaiki kualitas pendidikan Indonesia. Kurikulum terbaru yang digunakan di Indonesia adalah kurikulum 2013 yang merupakan perbaikan dari kurikulum 2004 dan 2006. Pada penerapannya, kurikulum 2013 mengalami berbagai macam masalah sehingga pelaksanaanya dihentikan untuk sekolah-sekolah yang baru melaksanakan selama satu semester dan kembali pada kurikuluma2006. Penghentian ini dimaksudkan untuk mematangkan kurikulum 2013 sebelum benar-benar diterapkan di seluruh Indonesia. Sehingga sekolah yang kembali ke kurikulum 2006 diharapkan tetap mempersiapkan diri untuk penerapan kurikulum 2013 di tahun-tahun mendatang. Salah satu materi yang dirasa sulit oleh siswa di tingkat SMP adalah materi barisan. Hal ini diperkuat dengan beberapa kajian dan penelitian yang telah dilakukan dan menunjukkan banyak siswa kesulitan pada materi tersebut. Oleh karena itu, perlu dikembangkan perangkat pembelajaran berciri scientific pada materi barisan aritmatika dan barisan geometri. Perangkat pembelajaran berciri scientifc adalah perangkat pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) yang yang didalamnya memuat 5 tahapan pendekatan scientific, yaitu mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengolah informasi, dan mengomunikasikan. Tujuan pengembangan yang dilakukan adalah menghasilkan perangkat pembelajaran materi barisan aritmatika dan barisan geometri berciri scientific yang valid, praktis, dan efektif. Model pengembangan mengacu pada model pengembangan Plomp (dalam Hobri 2010:17), terdiri atas: (1) tahap investigasi awal, (2) tahap desain, (3) tahap realisasi/konstruksi, dan tahap (4) tahap tes, evaluasi, dan revisi. Dalam penelitian ini, dilakukan tiga uji terhadap kualitas produk pengembangan yang terdiri atas uji kevalidan, uji kepraktisan, dan uji keefektifan. Uji kevalidan dilakukan oleh dua orang validator yang terdiri dari satu orang dosen matematika dan satu orang praktisi. Sedangkan uji kepraktisan dan uji keefektifan dilakukan dengan melakukan uji coba produk pada 9 orang siswa kelas IX sebagai subjek uji coba yang diamati oleh satu orang praktisi dan dua orang observer. Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil yaitu: (1) persentase kevalidan RPP dan LKS berturut-turut adalah 84% dan 79%, (2) persentase kepraktisan RPP dan LKS berturut-turut adalah 86% dan 86,7%, dan (3) persentase siswa yang mendapatkan nilai di atas SKM adalah 100% yang ditunjukkan dengan semua subjek uji coba memperoleh nilai akhir lebih dari atau sama dengan 80. Dengan demikian, perangkat pembelajaran materi barisan aritmatika dan barisan geometri berciri scientific yang dihasilkan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Meskipun perangkat pembelajaran telah dinyatakan memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif, revisi berdasarkan saran dari validator dan hasil uji coba tetap dilakukan untuk penyempurnaan produk yang dikembangkan. Perangkat pembelajaran berciri scientific yang dikembangkan terbatas pada materi barisan aritmatika dan barisan geometri di kurikulum 2006, sehingga diharapkan pengembangan selanjutnya dapat dilakukan pada materi lain dan pada kurikulum 2013.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15901

Actions (login required)

View Item View Item