Pengembangan lembar kerja siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi untuk SMP kelas VIII dengan pendekatan saintifik / Naipong - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi untuk SMP kelas VIII dengan pendekatan saintifik / Naipong

Naipong (2015) Pengembangan lembar kerja siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi untuk SMP kelas VIII dengan pendekatan saintifik / Naipong. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Naipong. 2015. Pengembangan Lembar Kerja Siswa pokok bahasan Relasi dan Fungsi Untuk SMP Kelas VIII dengan Pendekatan Saintifik. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Jurusan Matematika. FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. Tjang Daniel C M.Si Ph. D Kata kunci Lembar Kerja Siswa Pendekatan Saintifik Relasi dan Fungsi. Berdasarkan hasil observasi terhadap siswa di lapangan Lembar Kerja Siswa (LKS) yang digunakan oleh siswa cenderung kurang menarik minat siswa. Beberapa siswa menyebutkan bahwa pada LKS langsung memberikan soaltentang pokok bahasan yang diberikan. Pada kelas VIII kebanyakan mengulang soal sebelumnya sehingga LKS yang digunakan menjadi sangat membosankan apa bila mereka mendapatkan masalah yang sedikit berbeda dari contoh mereka mereka sulit memahami oleh karena itu pengembangan terdorong untuk mengembangkan LKS beracu pendekatan Saintifik pokok bahasan Relasi dan Fungsi. Pengembangan LKS menggunakan metode 4-D dengan menggunakan empat tahap yaitu Define (Pendefinisian) Design (Perancangan) Develop (Pengembangan). LKS yang dikembangkan divalidasi oleh satu validator yaitu dosen matematika. setelah LKS diuji coba pada 2 siswa SMP untuk mengetahui tingkat keberhasilan LKS tersebut dalam membantu siswa memahami materi relasi dan fungsi. LKS yang telah dikembangkan telah memenuhi tiga tahap uji coba yaitu(1) valid (2) praktis dan (3)efektif. Dari hasil validasi dan setelah di analisis LKS dinyataka valid LKS praktis karena telah membantu siswa dalam memahami suatu materi LKS dinyatakan telah efektif karena semua subjek uji coba telah mencapai KKM yang ditentukan yaitu 75 00. Dengan demikian LKS dapat digunakan dalam pembelajaran. LKS ini hanya terbatas pada pokok bahasan relasi dan fungsi. Oleh karena itu diharapkan tindak lanjut pengembangan LKS dengan pendekatan Saintifik untuk pokok bahasan lainnya sehingga dapat memperkaya pengetahuan dalam penerapan dan sumber belajar siswa serta dapat digunakan sebagai penunjang dalam penerapan standar kompetensi dan kompetensi dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 09 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15899

Actions (login required)

View Item View Item