Penerapan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)-Problem Posing untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VII SMPN 2 Malang / Wiwit Anisa

Anisa, Wiwit (2015) Penerapan pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)-Problem Posing untuk meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VII SMPN 2 Malang / Wiwit Anisa. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anisa, Wiwit. 2014. Penerapan Pembelajaran Student Teams Achievement Division (STAD)-Problem Posing Untuk Meningkatkan Pemahaman Matematika Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Drs. Askury, M.Pd. Kata Kunci : STAD, Problem posing, Pemahaman siswa Berdasarkan observasi awal serta wawancara pada tanggal 10 Januari 2014 kepada guru pengajar matematika di SMP Negeri 2 Malang, diketahui bahwa dalam proses pembelajaran jarang menerapkan metode atau model pembelajaran yang bermacam-macam. Metode ekspositori atau ceramah menjadi pilihan utama beliau dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran matematika di dalam kelas yang mengakibatkan siswa cenderung pasif. Metode yang diterapkan di sekolah tersebut masih perlu dikembangkan lagi agar dapat bervariasi. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan metode belajar yang dapat meningkatkan pemahaman siswa. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah strategi Student Teams Achievement Division (STAD)-Problem Posing Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi : 1) hasil observasi selama proses pembelajaran yang berpedoman pada lembar observasi, 2) hasil catatan lapangan, 3) hasil tes akhir siklus. Penelitian ini mendeskripsikan tentang langkah-langkah pembelajaran strategi Student Teams Achievement Division (STAD)-Problem Posing yang dapat meningkatkan pemahaman siswa kelas VII-G SMP Negeri 2 Malang pada pelajaran matematika yang meliputi: 1) Presentasi dari guru yang berupa penyampaian tujuan dan motivasi, menggali informasi prasyarat melalui tanya jawab singkat, guru melakukan tanya jawab untuk mengarahkan siswa pada materi yang dipelajari, selanjutnya mengarahkan siswa untuk membuat contoh soal sesuai informasi dan penyelesaiannya, 2) Pembentukan kelompok, 3) dikusi kelompok, dalam diskusi kelompok siswa melakukan pemecahan masalah, membuat soal dan menyelesaikannya, 4) tes, siswa mengerjakan tes individu, 5) penghargaan prestasi tim, 6) refleksi. Data penelitian menunjukkan bahwa pemahaman siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase siswa yang lulus SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal) yang ditetapkan sekolah pada siklus I yakni 81.25 % siswa kelas VII-G memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. Sedangkan, pada siklus II 87,5 % siswa kelas VII-G memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka langkah-langkah penerapan strategi Student Teams Achievement Division (STAD)-Problem Posing dapat meningkatkan pemahaman matematika siswa kelas VII-G SMPN 2 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Jurusan Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Feb 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15898

Actions (login required)

View Item View Item