Hapsari, Fadilah (2015) Penerapan metode penemuan terbimbing (guided cdiscovery) untuk meningkatkan kreativitas berpikir bagi siswa kelas VIII-A SMPN 1 Turen / Fadilah Hapsari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hapsari Fadilah. 2015. Penerapan Metode Penemuan Terbimbing untuk Meningkatkan Kreativitas Berpikir bagi Siswa Kelas VIII-A SMPN 1 Turen. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Ety Tejo Dwi Cahyowati M.Pd Kata Kunci Penemuan Terbimbing Kreativitas Berpikir Siswa Berdasarkan hasil wawancara dengan dua guru matematika di SMPN 1 Turen peneliti mendapat keterangan bahwa pembelajaran di sekolah masih cenderung menggunakan metode ceramah dan jarang sekali guru memberi masalah terbuka. Sedangkan berdasarkan hasil observasi awal oleh peneliti didapatkan fakta bahwa kreativitas siswa kelas VIII-A kurang yang tercermin dari jawaban siswa yang kurang bervariasi dan didukung oleh hasil pretes yaitu 51 8% yang menyatakan bahwa kemampuan kreativitas siswa berada dalam kriteria kurang baik . Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan suatu metode pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas berpikir siswa. Pembelajaran yang diterapkan pada penelitian ini adalah Pembelajaran dengan Metode Penemuan Terbimbing. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 1 Turen dengan subjek siswa kelas VIII-A sebanyak 31 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Tindakan Kelas (PTK). Data diambil dari pengamatan selama pembelajaran wawancara dan hasil tes akhir siklus. Penelitian dilakukan dalam 2 siklus yaitu siklus I dan siklus II. Penelitian ini menghasilkan langkah-langkah pembelajaran dengan menggunakan metode penemuan terbimbing yang dapat meningkatkan kreativitas berpikir siswa. Tahap Observasi guru memberikan masalah terbuka untuk diobservasi oleh siswa. Tahap Merumuskan Masalah guru membimbing siswa untuk membuat pertanyaan. Tahap Mengajukan Hipotesis guru membimbing siswa dalam merumuskan jawaban sementara dari pertanyaan yang telah mereka buat. Tahap Merencanakan Pemecahan Masalah guru membimbing siswa dalam merencanakan pemecahan masalah Tahap Melaksanakan Eksperimen guru membimbing siswa dalam melakukan pemecahan masalah. Tahap Pengumpulan Data dan Analisis Data guru memberi kesempatan pada siswa untuk mendeskripsikan temuan yang diperoleh Dengan penerapan pembelajaran dengan metode penemuan terbimbing kreativitas siswa meningkat sebanyak 12 3% yaitu peningkatan 15 siswa dari 31 siswa yang terdiri dari keterampilan berpikir lancar yang meningkat sebesar 10% keterampilan berpikir luwes yang meningkat sebesar 17% keterampilan berpikir orisinil meningkat 13 3% keterampilan memperinci (elaborasi) meningkat 8 9%.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 11 Feb 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15895 |
Actions (login required)
View Item |