Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X Kayu 2 SMK Negeri 5 Malang / Pandu Pramudya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X Kayu 2 SMK Negeri 5 Malang / Pandu Pramudya

Pramudya, Pandu (2014) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) untuk meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X Kayu 2 SMK Negeri 5 Malang / Pandu Pramudya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pramudya Pandu. 2014. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD) Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Matematika Siswa Kelas X Kayu 2 SMK Negeri 5 Malang. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Lathiful Anwar S.Si M.Pd. Kata Kunci Student Team Achievement Division Motivasi Belajar. Berdasarkan observasi awal pada tanggal 7 Oktober 2013 sampai dengan 15 November 2013 serta wawancara kepada guru pengajar matematika kelas X Kayu 2 di SMK Negeri 5 Malang diketahui bahwa siswa kelas X Kayu 2 cenderung memiliki motivasi belajar matematika yang rendah. Hal ini ditandai dengan mayoritas siswa tidak fokus pada saat pembelajaran matematika dan melakukan kegiatan diluar pembelajaran. Selain itu siswa cenderung tidak aktif pada pembelajaran siswa tidak memiliki kemauan untuk memiliki sumber belajar matematika dan siswa terlihat tidak siap terhadap materi pembelajaran yang akan diberikan. Melalui angket motivasi belajar yang telah diisi siswa diperoleh hasil bahwa 76% dari jumlah siswa dikelas memiliki tingkat motivasi belajar dalam kategori rendah . Oleh karena itu diperlukan metode pembelajaran yang mampu meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Metode pembelajaran yang diterapkan adalah metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD). Penelitian ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan tentang langkah-langkah metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) yang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa kelas X Kayu 2 SMK Negeri 5 Malang pada materi peluang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang berjalan dalam dua siklus. Data yang dikumpulkan dalam penelitian ini meliputi 1) hasil observasi selama proses pembelajaran berpedoman pada lembar observasi 2) hasil catatan lapangan 3) hasil rekapitulasi angket motivasi belajar siswa. Metode pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Division (STAD) pada materi peluang yang dapat meningkatkan motivasi belajar matematika siswa kelas X Kayu 2 SMK Negeri 5 Malang dengan langkah-langkah sebagai berikut yaitu (1) presentasi kelas yaitu guru berperan sebagai fasilitator memfasilitasi siswa dalam pembangunan materi pembelajaran yang dilakukan melalui diskusi kelas. (2) Kerja Tim/ Kelompok yaitu mengembangkan kemampuan dan pemahaman siswa dengan bekerja dalam kelompok heterogen yang terdiri dari 4-5 anggota untuk memahami materi berbagi ide dan pendapat kepada anggota kelompok mengenai materi yang sedang dibahas bertanya kepada teman satu kelompok menjadi tutor sebaya bagi teman satu kelompok. (3) Kuis yaitu mengetahui tingkat pemahaman secara individual siswa terhadap materi yang telah dipelajari sebelumnya (4) skor perbaikkan individual yaitu skor yang disumbangkan individu untuk skor kelompok berdasarkan tingkat kenaikan skor kuis dibandingkan dengan skor awal mereka (5) penghargaan kelompok yaitu apresiasi terhadap kinerja tim/ kelompok melalui pemberian sertifikat atau piagam penghargaan apabila skor rata-rata mereka mencapai kriteria tertentu. Data penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi belajar matematika siswa meningkat. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan presentase motivasi belajar matematika siswa dari pra tindakan yaitu 24% dari siswa kelas X Kayu 2 memiliki motivasi belajar matematika dengan kategori cukup pada siklus I yaitu 68% siswa kelas X Kayu 2 memiliki motivasi belajar matematika dengan kategori cukup dan pada siklus II yaitu 92% siswa kelas X Kayu 2 memiliki motivasi belajar matematika dengan kategori cukup .

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Oct 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15892

Actions (login required)

View Item View Item