Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas belajar sisa pada materi transformasi kelas VII-A SMP Negeri 15 Malang / Husnul Khotimah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas belajar sisa pada materi transformasi kelas VII-A SMP Negeri 15 Malang / Husnul Khotimah

Khotimah, Husnul (2014) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas belajar sisa pada materi transformasi kelas VII-A SMP Negeri 15 Malang / Husnul Khotimah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Khotimah Husnul. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Materi Transformasi Kelas VII A SMP Negeri 15 Malang. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Rini Nurhakiki M.Pd. Kata Kunci model pembelajaran Kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) aktivitas belajar siswa 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan studi pendahuluan prapelaksanaan pembelajaran terdapat permasalahan yang dapat diketahui dari hasil wawancara dan observasi. Dari hasil wawancara dengan guru matematika kelas VII SMP Negeri 15 Malang dapat diketahui bahwa pembelajaran kooperatif yang pernah digunakan guru matematika kelas VII SMP Negeri 15 Malang masih belum mampu melibatkan siswa secara aktif karena sebagian besar siswa pasif dalam kegiatan kerja kelompok. Sedangkan berdasarkan hasil observasi di kelas VII A selama proses pembelajaran berlangsung yang dilakukan dengan metode ekspositori dapat diketahui bahwa dari 30 siswa hanya 9 siswa yang berperan aktif dalam pembelajaran yaitu mengerjakan suatu tugas penyelesaian soal yang diberikan oleh guru. Sedangkan siswa yang lainnya kurang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Masih banyak siswa yang berbicara dengan teman sebangkunya ada yang melamun dan mengerjakan tugas mata pelajaran lain. Penyebab dari kepasifan siswa dalam pembelajaran kemungkinan model pembelajaran yang tidak bervariasi dan tidak menimbulkan aktivitas siswa. Untuk mengatasi permasalahan tersebut diperlukan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa yaitu dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). 12288 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sehingga dalam prosedur penelitian meliputi tahap perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Pelaksanaan penelitian berlangsung selama 2 siklus di kelas VII A yang menjadi subjek penelitian dengan 30 siswa pada tahun ajaran 2013/2014. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi aktivitas belajar siswa. Indikator keberhasilan dari penelitian ini adalah jika persentase aktivitas belajar secara klasikal sebesar 80%. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah penerapan langkah-langkah penerapan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi transformasi kelas VII-A SMP Negeri 15 Malang. 12288 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TPS yang dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa adalah (1) pada tahap Think siswa diminta untuk mengerjakan LKS secara individu (2) pada tahap Pair siswa menyampaian hasil pemikirannya kepada pasangan masing-masing dan saling bekerjasama mendiskusikan penyelesaian soal-soal yang ada dalam LKS (3) Selanjutnya tahap Share siswa bersama pasangan menyampaikan hasil diskusinya di depan kelas. 12288 12288 12288 12288 12288 Jenis aktivitas siswa yang diteliti dalam proses pembelajaran adalah terdiri dari tujuh aspek aktivitas yaitu 1) Visual activities 2) Oral activities 3) Listening activities 4) Writing activities 5) Drawing activities 6) Mental activities 7) Emotional activities. Aktivitas tersebut mendukung segala bentuk kegiatan yang terkait dengan pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Berdasarkan hasil analisis data persentase keberhasilan aktivitas belajar siswa pada siklus I sebesar 53 33% dan rata-rata persentase keberhasilan aspek aktivitas belajar siswa sebesar 68 80%. Sehingga diperoleh kesimpulan aktivitas belajar siswa pada siklus I belum memenuhi kriteria keberhasilan. Sedangkan persentase keberhasilan aktivitas siswa pada siklus II sebesar 83 33% dan rata-rata persentase keberhasilan aspek aktivitas belajar siswa sebesar 79 88%. Sehingga diperoleh kesimpulan aktivitas belajar siswa pada siklus II sudah memenuhi kriteria keberhasilan. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TPS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas VII A SMP Negeri 15 Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15889

Actions (login required)

View Item View Item