Pengembangan student worksheet berbahasa Inggris berbasis konstruktivisme dengan pendekatan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika materi angle measurement dan trigonometric ratios in right triangles and special angles untuk SMA/MA / Wahyu Risdhyan Ari Wicaksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan student worksheet berbahasa Inggris berbasis konstruktivisme dengan pendekatan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika materi angle measurement dan trigonometric ratios in right triangles and special angles untuk SMA/MA / Wahyu Risdhyan Ari Wicaksono

Wicaksono, Wahyu Risdhyan Ari (2014) Pengembangan student worksheet berbahasa Inggris berbasis konstruktivisme dengan pendekatan pemecahan masalah pada pembelajaran matematika materi angle measurement dan trigonometric ratios in right triangles and special angles untuk SMA/MA / Wahyu Risdhyan Ari Wicaksono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Wicaksono Ari Risdhyan Wahyu. 2013. Pengembangan Student Worksheet Berbahasa Inggris Berbasis Konstruktivisme dengan Pendekatan Pemecahan Masalah pada Pembelajaran Matematika Materi Angle Measurement dan Trigonometric Ratios in Right Triangles and Special Angles untuk SMA/ MA. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Makbul Muksar S. Pd M. Si. Kata Kunci worksheet konstruktivisme pemecahan masalah trigonometry Pendidikan di Indonesia memiliki beragam permasalahan yang kompleks salah satunya yaitu mengenai media pembelajaran khususnya pada mata pelajaran matematika. Media pembelajaran yang ada sangat terbatas dan kurang bisa memfasilitasi siswa untuk bisa mengembangkan kemampuan berpikir memahami permasalahan yang kompleks serta menyelesaikan berbagai permasalahan. Untuk meningkatkan kualitas pembelajaran serta output dari pembelajaran tersebut menuntut guru untuk bisa memberikan kesempatan yang luas kepada siswa dalam mengasah kemampuan berpikir memahami permasalahan yang kompleks serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang berhubungan dengan matematika namun tetap dalam pengawasan dan bimbingan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan student worksheet matematika berbahasa Inggris berbasis konstruktivisme dengan pendekatan pemecahan masalah yang valid praktis dan efektif pada pembelajaran Angle Measurement dan Trigonometric Ratios in Right Triangles and Special Angles kelas X. Metode pengembangan yang akan dilakukan dalam penelitian ini model ADDIE meliputi analysis (analisis) design (desain) development (pengembangan) implementation (implementasi) dan evaluation (evaluasi). Subjek penelitian adalah student worksheet. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data hasil pengembangan meliputi lembar penilaian angket respon siswa dan lembar observasi. 12288 12288 12288 12288 Hasil pengembangan menunjukkan skor validasi dari validator yaitu 3.8 yang berarti valid dan student worksheet didasarkan pada landasan teoritik yang kuat. Penilaian kualitas kepraktisan dengan menggunakan angket respon siswa menunjukkan bahwa rata-rata skor aktual siswa yaitu 3.13 yang berarti praktis. Sedangkan dengan menggunakan lembar observasi pembelajaran menunjukkan bahwa presentase proses pembelajaran menggunakan student worksheet yaitu 100% yang berarti sangat praktis. Hal ini berarti bahwa student worksheet dapat diterapkan di kelas dan bermanfaat serta tingkat keterlaksanaan penggunaan student worksheet dalam kelas termasuk tinggi. Penilaian kualitas keefektifan menunjukkan bahwa presentase ketuntasan yaitu 75 % yang berarti efektif. Hal ini berarti tingkat pencapaian tujuan sesuai dengan rencana yang telah disusun sebelumnya atau pembelajaran dengan the beginning of trigonometry student worksheet berbasis konstruktivisme dan pendekatan pemecahan masalah untuk SMA/MA kelas X berlangsung efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15886

Actions (login required)

View Item View Item