Analisis kesalahan penyajian objek-objek matematika pada buku teks matematika SMA kelas 10 kurikulum 2013 / Wahyu Astana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penyajian objek-objek matematika pada buku teks matematika SMA kelas 10 kurikulum 2013 / Wahyu Astana

Astana, Wahyu (2014) Analisis kesalahan penyajian objek-objek matematika pada buku teks matematika SMA kelas 10 kurikulum 2013 / Wahyu Astana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Astana Wahyu. 2014. Analisis Kesalahan Penyajian Objek-objek Matematika pada Buku Teks Matematika SMA Kelas 10 Kurikulum 2013. Skripsi Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Makbul Muksar S.Pd. M.Si. Kata kunci buku teks kesalahan objek-objek matematika Buku teks matematika merupakan variabel yang sangat penting di dalam penyelenggaraan pendidikan. Pada implementasi kurikulum 2013 pemerintah telah menyediakan buku khusus untuk siswa termasuk di jenjang Sekolah Menengah Atas kelas 10. Sebagai usaha penyempurnaan perlu dilakukan penelitian terhadap penyajian buku teks matematika tersebut. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kesalahan penyajian objek-objek matematika pada buku teks matematika SMA kelas 10 kurikulum 2013 dan memberikan pembenahan terhadap penyajian yang salah serta menghitung persentase materi yang memuat kesalahan pada buku tersebut. Buku yang digunakan sebagai bahan kajian adalah buku Matematika SMA Kelas 10 Kurikulum 2013 cetakan pertama yang disusun oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Dari hasil pengkajian ditemukan sebanyak 57 kesalahan penyajian objek-objek matematika dengan rincian kesalahan penyajian fakta terdapat 17 kesalahan kesalahan penyajian konsep terdapat 12 kesalahan kesalahan penyajian prinsip terdapat 2 kesalahan dan kesalahan penyajian keterampilan terdapat 26 kesalahan. Sedangkan persentase materi yang memuat kesalahan adalah 52%. Berdasarkan hasil temuan dan pengkajian ini disarankan guru melakukan pengkajian buku siswa terlebih dahulu sebelum digunakan dalam pembelajaran. Sedangkan siswa hendaknya tidak hanya menggunakan satu buku sebagai acuan belajar matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15885

Actions (login required)

View Item View Item