Susilo, Claudya Zahrani (2014) Pembelajaran dengan pendekatan problem posing untuk meningkatkan pemahaman lingkaran siswa kelas VIII SMP / Claudya Zahrani Susilo. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Susilo Claudya Zahrani. 2014. Pembelajaran dengan Pendekatan Problem Posing untuk Meningkatkan Pemahaman Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP. Skripsi. Jurusan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd Kata kunci problem posing pemahaman siswa Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran matematika kelas VIII SMP Negeri 2 Malang masalah yang dihadapi oleh siswa salah satunya yaitu mengenai penghafalan rumus-rumus yang ada pada materi tersebut. Selain itu cara penyampaian materi oleh guru atau siswa yang tidak senang pada materi yang dipelajari. Kebanyakan guru menyampaikan materi dengan ceramah pemberian soal dan siswa menyelesaikannya. Oleh karena itu siswa merasa bosan dengan kegiatan pembelajaran yang lebih menonjolkan aktivitas guru daripada memunculkan aktivitas siswa. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan metode belajar yang dapat meningkatkan pemahaman siswa yang memunculkan aktivitas siswa. Pembelajaran yang diterapkan dalam penelitian ini adalah pendekatan problem posing. 12288 12288 12288 Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus mencakup empat tahap yaitu perencanaan tindakan pengamatan dan refleksi. Penelitian dilakukan pada bulan Maret 2014. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Malang yang berjumlah 37 siswa. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman siswa mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan persentase siswa yang lulus SKBM (Standar Ketuntasan Belajar Minimal) yang ditetapkan sekolah pada siklus I yakni 70.27 % siswa kelas VIII-B memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75. Hasil ini belum sesuai dengan kriteria peningkatan pemahaman siswa yang ditetapkan oleh peneliti yaitu minimal 80 % siswa kelas VIII-B memperoleh nilai lebih dari atau sama dengan 75 pada rentang nilai 0 100. Oleh karena itu peneliti melakukan siklus II. Hasil pembelajaran matematika siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Malang pada tes akhir siklus II meningkat yakni sebesar 83.78 % siswa telah berhasil mencapai SKBM yang ditetapkan sekolah. Sehingga pemahaman siswa kelas VIII-B SMP Negeri 2 Malang meningkat setelah mengikuti pembelajaran melalui pendekatan problem posing. Berdasarkan penelitian tersebut langkah-langkah pembelajaran dengan pendekatan problem posing yaitu (1) guru memberikan contoh penyusunan soal dari informasi yang diberikan (2) meminta siswa menyelesaikan lembar kerja yang berisi menemukan konsep menyusun soal serta membuat penyelesaian soal (3) memberikan informasi baru dan meminta siswa menyusun soal kembali mengenai panjang garis singgung persekutuan dua lingkaran sebagai latihan. Kemudian menukarkan soal yang telah dibuat dengan teman di sebelahnya (4) meminta siswa untuk mencoba membuat penyelesaian dari soal yang telah diterima dari temannya
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Aug 2014 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2014 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15884 |
Actions (login required)
View Item |