Endah Setyo Wati (2010) Hubungan antara status sosial ekonomi orang tua dan kelanjutan studi siswa dengan pilihan karier siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo / Endah Setyo Wati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Salah satu tugas perkembangan masa remaja adalah memilih dan menyiapkan pekerjaan. Untuk mencapai pekerjaan yang diinginkan diperlukan pendidikan dan keahlian tertentu. Salah satu lembaga yang menyelenggarakan pendidikan adalah sekolah Baik itu Sekolah Menengah Atas Sekolah Menengah Kejuruan maupun Madrasah Aliyah. Pilihan karier siswa dipengaruhi oleh berbagai faktor salah satunya adalah status sosial ekonomi orang tua dan pilihan kelanjutan studi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Status sosial ekonomi orang tua (2) Pilihan kelanjutan studi siswa (3) Pilihan karier siswa (4) Hubungan status sosial ekonomi orang tua dan pilihan kelanjutan studi siswa (5) Hubungan status sosial ekonomi orang tua dan pilihan karier siswa (6) Hubungan pilihan kelanjutan studi siswa dengan pilihan karier siswa (7) Hubungan status sosial ekonomi orang tua dan pilihan kelanjutan studi siswa dengan pilihan karier siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo tahun ajaran 2007-2008 sedangkan sampel penelitian sebanyak 119 siswa ditentukan dengan menggunakan teknik Proportional random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis yang digunakan adalah Persentase Korelasi Product Moment dan Regression. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Status sosial ekonomi orang tua secara umum rendah (58%) (2) Cukup banyak siswa yang memilih kelanjutan studi ke SMA (73 9%) dan SMK (25 5%) sedangkan sangat sedikit siswa yang memilih kelanjutan studi ke MA (0 8%) (3) Cukup banyak siswa yang memilih pilihan karier pada tingkat profesional (46 2%) dan semi profesional (45 4%) sedikit siswa yang memilih karier pada tingkat terampil (8 4%) dan sangat sedikit bahkan tidak ada siswa yang memilih karier pada tingkat tidak terampil dan semi terampil (0 0%) (4) Ada hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan pilihan kelanjutan studi (r 0 208) (5) Ada hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan pilihan karier siswa (r 0 373) (6) Ada hubungan yang signifikan antara pilihan kelanjutan studi siswa dengan pilihan karier siswa (r 0 555) (7) Secara bersama ada hubungan yang signifikan antara status sosial ekonomi orang tua dan pilihan kelanjutan studi siswa dengan pilihan karier siswa kelas IX SMP Negeri 1 Tarik Kabupaten Sidoarjo (R 0 615). Diantara dua variabel X yaitu status sosial ekonomi orang tua mempunyai sumbangan relatif (SR) adalah sebesar 0 09% dan sumbangan efektif (SE) sebesar 0 03% sedangkan pilihan kelanjutan studi siswa mempunyai sumbangan relatif (SR) sebesar 0 24% sumbangan efektif (SE) sebesar 0 09% pilihan kelanjutan studi siswa terhadap variabel Y. Berdasarkan hasil penelitian ini maka ada beberapa saran antara lain (1) Untuk konselor Konselor perlu memberikan informasi mengenai sekolah lanjutan yang ada di Sidoarjo dan tentang pilihan karier kepada siswa lebih ditingkatkan lagi. (2) Untuk orang tua hendaknya lebih memberi dukungan atau motivasi kepada putra putrinya dan lebih memahami lagi tentang kemampuan yang dimiliki putra putrinya. Dari hasil penelitian sangat tinggi pilihan kelanjutan studi siswa dan pilihan karier siswa meskipun mereka berasal dari keluarga yang mempunyai status sosial ekonomi yang rendah. (3) Untuk peneliti selanjutnya Hendaknya lebih mengembangkan variabel X karena dari hasil penelitian ini diperoleh hasil yang signifikan antara variabel X (Status sosial ekonomi orang tua dan pilihan kelanjutan studi siswa) dengan variabel Y (pilihan karier siswa) atau mungkin status sosial ekonomi orang tua tidak hanya dilihat dari faktor pendidikan pekerjaan dan penghasilan saja akan tetapi dilihat dari faktor-faktor yang lainnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Feb 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1588 |
Actions (login required)
View Item |