Pengaruh brainwriting terhadap kemampuan menulis teks eksposisi peserta didik kelas X SMK / Riza Aprilia Utama - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh brainwriting terhadap kemampuan menulis teks eksposisi peserta didik kelas X SMK / Riza Aprilia Utama

Utama, Riza Aprilia (2020) Pengaruh brainwriting terhadap kemampuan menulis teks eksposisi peserta didik kelas X SMK / Riza Aprilia Utama. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan statistik yang didapat peneliti tentang rendahnya kemampuan menulis peserta didik SMK di kota batu rendahnya kemampuan menulis disebabkan kurang tepatnya strategi yang di terapkan kepada peserta didik dalam hal menulis. Sehingga perlu ada beberapa perbandingan pengaplikasian strategi pembelajaran. Dalam research ini peneliti menggunakan model brainwriting untuk meningkatkan menulis karangan teks eksposisi sedangkan sebagai pembanding peneliti menggunakan model Problem Based Learning. Strategi pembelajaran ini diterapkan untuk mengetahui pengaruh pengaplikasian model brainwriting terhadap kemampuan menulis karangan teks eksposisi peserta didik kelas X SMK Ma rsquo arif kota batu. Adapun Metode Penelitian yang diterapkan adalah eksperimen atau lebih tepatnya (Quasi Experimental Design). Desain yang digunakan adalah (POCGD) Posttest Only Control Group Design yang termasuk dalam non-equivalent control group design. Sampel yang digunakan sebanyak 40 orang yang terbagi menjadi dua group yaitu group eksperimen (X RPL) dan group Kontrol (X-TO2). Data Penelitian ini diperoleh melalui tes dan nontes. KKM mata pelajaran Bahasa Indonesia SMK Ma rsquo arif kota batu adalah 78. Realibilitas instrument menggunakan Teknik alpha Cronbach. Sedangkan pengujian normalitas menggunakan uji Kolmogorov-Smirnov dan homogenitas menguunalan uji Levene Statistic. Hasil uji hipotesis terhadap hasil data Posttest menggunakan uji independent t-test pada a 0 05 diperoleh dari dua penilai yang memiliki Sig. (2-tailed) sebesar 0 000 dengan kesimpulan ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa yang menyatakan Ada perbedaan kemampuan menulis teks eksposisi Peserta Didik yang menggunakan model Braiwriting berbasisis LMS dengan yang menggunakan model Problem Based Learning. Hal ini menunjukkan pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar menulis teks eksposisi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158795

Actions (login required)

View Item View Item