Pengaruh model pembelajaran savi berbantuan software pengendalian client terhadap tingkat kedisiplinan dan hasil belajar matematika siswa kelas V / Stephanus Lukito Cahyo Purnomo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh model pembelajaran savi berbantuan software pengendalian client terhadap tingkat kedisiplinan dan hasil belajar matematika siswa kelas V / Stephanus Lukito Cahyo Purnomo

Purnomo, Stephanus Lukito Cahyo (2020) Pengaruh model pembelajaran savi berbantuan software pengendalian client terhadap tingkat kedisiplinan dan hasil belajar matematika siswa kelas V / Stephanus Lukito Cahyo Purnomo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnomo Stephanus Lukito Cahyo. 2020. Pengaruh Model Pembelajaran SAVI Berbantuan Software Pengendali Client Terhadap Tingkat Kedisiplinan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V. Tesis. Program Studi Teknologi Pembelajaran. Fakultas Ilmu Pengetahuan. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Dedi Kuswandi M.Pd dan (II) Dr. Henry Praherdhiono S.Si M.Pd Kata kunci Somatic Auditory Visualization Intelectually (SAVI) Software Pengendali Client Tingkat Kedisiplinan dan Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran SAVI berbantuan software pengendali client terhadap tingkat kedisiplinan dan hasil belajar matematika pada siswa kelas V SDK Santa Maria II Malang. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang dilaksanakan di kelas V SDK Santa Maria II Malang tahun pelajaran 2019/2020 pada materi pengolahan data tunggal dengan jumlah siswa sebanyak 66 anak. Desain penelitian ini menggunakan eksperimental semu (quasi experiment) dengan bentuk nonequivalent control group design. Teknik pengumpulan data dengan metode observasi wawancara dan tes. Hasil penelitian diambil dari hasil observasi tingkat kedisiplinan siswa dan rata-rata skor hasil belajar pretest dan postest. Terdapat 4 tahapan dalam sintaks pembelajaran ini. Pada tahap persiapan siswa dikondisikan untuk siap mengikuti pembelajaran. Beberapa kegiatan tersebut yaitu memberi motivasi atau rangsangan dan perasaan positif dan menyampaikan tujuan pembelajaran dilaksanakan guru dengan bantuan software pengendali client. Pada tahap penyampaian kegiatan yang dilakukan pertama kali yaitu siswa bersama guru mengamati (visual) teks bacaan dan gambar tentang penyajian data tunggal. Dalam kegiatan ini guru menggunakan bantuan software pengendali client untuk mempresentasikan teks bacaan dan gambar tentang penyajian data tunggal. Kegiatan selanjutnya yaitu siswa diberi kesempatan menganalisis (visual dan intellectual) gambar dan teks bacaan secara cermat yang menunjukkan situasi yang berkaitan dengan penyajian data tunggal. Dalam kegiatan ini kembali guru menggunakan bantuan software pengendali client untuk memantau proses kerja siswa dalam menganalisis gambar dan teks bacaan yang berkaitan dengan penyajian data tunggal. Keaktifan guru diperlukan untuk mengoptimalkan belajar siswa baik secara somatis auditori visual maupun intelektual. Pada tahap pelatihan siswa mengerjakan LKS yang berkaitan dengan penyajian data tunggal untuk diselesaikan dengan cara berdiskusi sesuai kelompok masing-masing. Setelah itu siswa bersama guru membahas dan mempresentasikan LKS yang berkaitan dengan penyajian data tunggal. Pada saat pembahasan ini guru menggunakan bantuan software pengendali client untuk memandu jalannya pembahasan dan presentasi siswa. Tugas guru dalam hal ini adalah membimbing dalam menerima kritik dan saran guna perbaikan hasil kerja LKS pada tiap kelompoknya. Pada tahap penampilan hasil siswa diberi penguatan oleh guru terhadap materi pembelajaran. Proses selanjutnya siswa mendapatkan evaluasi tugas rumah dan pesan belajar dari guru untuk mengetahui tingkat pengetahuan yang diterima siswa. Di tahap ini kembali guru menggunakan bantuan software pengendali client untuk memberikan penguatan evaluasi tugas rumah dan pesan belajar. (auditori intelektual). Observasi tingkat kedisiplinan siswa dilakukan selama 5x pertemuan di mana tiap pertemuan terdapat 2-3 observer. Untuk menjamin objektivitas dalam penilaian ini maka yang berperan sebagai observer antara lain guru kelas kepala sekolah guru sejawat dan peneliti sendiri. Observasi tingkat kedisiplinan ini dilakukan terhadap kelas kontrol dan eksperimen. Hasil observasi terhadap ketiga aspek pada kelas kontrol berada pada kategori sedang sebaliknya hasil observasi pada kelas eksperimen berada pada kategori tinggi. Uji Independent T Test digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan software pengendali client dalam model pembelajaran SAVI terhadap tingkat kedisiplinan siswa. Uji Independent T Test menunjukkan hasil bahwa Sig. (2-tailed) 0 000. Karena Sig lt 0 05 maka kesimpulannya adalah terdapat perbedaan signifikan tingkat kedisiplinan belajar matematika antara kelompok siswa kelas V SDK Santa Maria II Malang yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan software pengendali client dengan kelompok siswa kelas V SDK Santa Maria II Malang yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran SAVI tanpa bantuan software pengendali client. Model pembelajaran SAVI berbantuan software pengendali client ini hasil belajar siswa didapatkan dari skor hasil pretest dan postest pada kelas kontrol dan kelas eksperimen. Rata-rata skor hasil pretest pada kelas kontrol mencapai angka 17 30 sedangkan pada kelas eksperimen mencapai angka 17 83. Rata-rata skor hasil postest pada kelas kontrol mencapai 18 57 sedangkan pada kelas eksperimen mencapai angka 18 42. Uji ANOVA Two Way digunakan untuk mengetahui pengaruh penggunaan software pengendali client dalam model pembelajaran SAVI terhadap hasil belajar siswa. Uji ANOVA Two Way mendapatkan hasil output source kelas di mana diperoleh nilai Sig. sebesar 0 572 gt 0 05. Dari hasil tersebut maka kesimpulan yang didapat adalah tidak terdapat perbedaan signifikan hasil belajar matematika antara kelompok siswa kelas V SDK Santa Maria II Malang yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran SAVI berbantuan software pengendali client dengan kelompok siswa kelas V SDK Santa Maria II Malang yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran SAVI tanpa bantuan software pengendali client.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Apr 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158793

Actions (login required)

View Item View Item