Pengembangan native mobile learning sebagai teknologi asistif untuk pebelajar slow learner / Bayu Widyaswara Suwahyo - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan native mobile learning sebagai teknologi asistif untuk pebelajar slow learner / Bayu Widyaswara Suwahyo

Suwahyo, Bayu Widyaswara (2021) Pengembangan native mobile learning sebagai teknologi asistif untuk pebelajar slow learner / Bayu Widyaswara Suwahyo. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pendidikan inklusi merupakan layanan pendidikan yang mewadahi pembelajaran bersama antara anak berkebutuhan khusus dengan anak normal. Pendidikan inklusif yang sukses membutuhkan penyesuaian kurikulum yang mudah diakses oleh semua pebelajar sehingga tidak menciptakan kesenjangan di dalam kelas inklusi. Salah satu bentuk penyesuaian kurikulum dalam sekolah inklusi melalui penyesuaian media pembelajaran. Penyesuaian media pembelajaran dapat dilakukan dengan cara mengembangkan media pembelajaran sesuai dengan kebutuhan dan karakteristik pengguna. Penelitian pengembangan ini bertujuan menghasilkan produk m-learning berbasis interaktif e-book untuk pebelajar dengan atribut slow learner pada materi sistem pencernaan makanan manusia. Pebelajar dengan atribut slow learner merupakan salah satu pembelajar yang memperoleh layanan pendidikan di sekolah inklusi. Penelitian m-learning materi sistem pencernaan makanan manusia menggunakan model Lee amp Owen yang terdiri dari (1) analisis yang terdiri atas analisis kebutuhan dan analisis awal dan akhir (2) desain (3) pengembangan dan implementasi serta (4) evaluasi. Penelitian ini dilakukan di sekolah inklusi SDN 1 Junrejo Kota Batu dengan subjek penelitian pebelajar dengan atribut slow learner. Uji kelayakan media melalui penilaian ahli (expert judgement) yang terdiri atas ahli media dan materi. nilai tabulasi ahli media diperoleh persentase 97 08% dengan kriteria layak. nilai tabulasi ahli materi diperoleh persentase 94.58% dengan kriteria layak. nilai tabulasi uji coba perorangan diperoleh persentase 94.37% dengan kriteria layak. Sehingga native mobile learning sebagai teknologi asistif pada materi sistem pencernaan makanan manusia masuk dalam kategori layak digunakan. Uji coba dilakukan kepada kelompok kecil untuk mengetahui persepsi penerimaan media pembelajaran yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan TAM untuk mengetahui persepsi penerimaan media oleh pengguna. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan persepsi penggunaan media berpengaruh terhadap persepsi kemudahan penggunaan. Kedua persepsi tersebut mempengaruhi sikap dalam menggunakan m-leaning karena anggapan m-learning dapat meningkatkan kinerja untuk memahami sistem pencernaan manusia lebih mudah serta aplikasi yang mudah digunakan maka pengguna menunjukkan sikap menerima terhadap penggunaan m-learning dalam pembelajaran. sikap penerimaan tersebut akan berpengaruh terhadap niat atau kecenderungan pengguna untuk menggunakan kembali m-learning dengan niat untuk menggunakan kembali akan berpengaruh terhadap kondisi nyata penggunaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S2 Teknologi Pembelajaran
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Sep 2021 04:29
Last Modified: 31 Jul 2023 08:23
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158792

Actions (login required)

View Item View Item