pengembangan panduan bibliokonseling bermuatan nilai budaya dayak kenyah untuk pemenuhan meaning of life siswa sma / yunistia prahastini - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan panduan bibliokonseling bermuatan nilai budaya dayak kenyah untuk pemenuhan meaning of life siswa sma / yunistia prahastini

Prahastini, Yunistia Prahastini (2021) pengembangan panduan bibliokonseling bermuatan nilai budaya dayak kenyah untuk pemenuhan meaning of life siswa sma / yunistia prahastini. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Prahastini Yunistia. 2021. Pengembangan Panduan Bibliokonseling Bermuatan Nilai Budaya Dayak Kenyah Untuk Pemenuhan Meaning of Life Siswa SMA. Tesis Program Studi Magister Bimbingan dan Konseling Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nur Hidayah M.Pd (II) Dr. Blasius Boli Lasan M.Pd Kata Kunci bibliokonseling nilai budaya Dayak Kenyah meaning of life Bibliokonseling memuat nilai budaya Dayak Kenyah yang mengaitkan tentang nilai-nilai falsafah dalam kehidupan bermasyarakat untuk menemukan kehidupan yang bermakna bagi individu. Fenomena yang terdapat pada siswa SMA adalah rendahnya nilai meaning of life siswa yang belum mampu memaknai hidup menunjukkan perilaku yang tidak sesuai pada nilai-nilai budaya tidak menjalankan sesuai dengan nilai tersebut. Hasil data yang diperolah di SMAN 12 Samarinda di lapangan sekolah telah diketahui bahwa siswa memiliki tiga bentuk nilai meaning of life yaitu nilai kreatif (creative values) 64 % nilai pengalaman/ penghayatan (experential values) 62% dan nilai bersikap (attitudinal values) 67%. Keberadaan diri konseli berlatar budaya Dayak Kenyah tentunya memiliki hak pemberian layanan terhadap keberhasilan dan keefektifan yang diberikan oleh konselor. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk panduan bibliokonseling bermuatan nilai budaya Dayak Kenyah untuk pemenuhan meaning of life siswa SMA. Prosedur penelitian dan pengembangan ini mngadaptasi sepuluh langkah penelitian dan pengembangan dengan menggunakan model Borg amp Gall. Kesepuluh langkah tersebut mencakup studi pendahuluan perencanaan dan pengembangan produk pengembangan produk awal uji coba tahap awal revisi produk tahap awal uji coba pengguna utama revisi produk lanjutan uji coba operasionalisasi produk revisi produk akhir dan diseminasi hasil pengembangan. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas SMA kelas XII. Teknik analisis data meliputi analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Analisis data kuantitatif hasil penilaian dan evaluasi yang diperoleh dari instrumen uji ahli bimbingan dan konseling terdiri dari 2 orang dosen ahli media pembelajaran terdiri dari 2 orang dosen ahli budaya terdiri 2 orang Ketua Adat Dayak Kenyah dan calon pengguna terdiri dari 2 konselor SMA. Terdapat kriteria koefesien kesepakatan dalam interpretasi hasil berdasarkan perhitungan indeks para ahli menggunakan rater Aiken dalam rentang 0 00-1 00 untuk menentukan kesepakatan terhadap keberterimaan produk. Analisis data kualitatif menghasilkan data berupa kata-kata tertulis maupun lisan melalui data wawancara dan lembar kritik dan saran pada saat evaluasi dan penilaian para ahli. Menggunakan pretest dan posttest untuk uji kelompok kecil berjumlah 8 siswa dan di analisa dengan uji Wilcoxon untuk uji keefektifan. Hasil penilaian uji ahli menunjukkan ahli bimbingan dan konseling memberikan indeks validitas sebesar 0 83 (tinggi) ahli media pembelajaran memberikan indeks validitas sebesar 0 83 (tinggi) calon pengguna memberikan indeks validitas sebesar 0 84 (tinggi) dan ahli budaya Dayak Kenyah memberikan indeks validitas sebesar 0 94 (tinggi). Berdasarkan hasil penilaian para ahli dan calon pengguna telah memenuhi kriteria kegunaan kelayakan ketepatan dan kemenarikan. Produk panduan bibliokonseling bermuatan nilai budaya Dayak Kenyah untuk pemenuhan meaning of life siswa SMA dapat dinyatakan sebagai produk yang layak untuk digunakan kegiatan bibliokonseling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki kategori rendah dari hasil pretest setelah diberikan perlakuan terdapat hasil posttest siswa telah mencapai nilai meaning of life yang tinggi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158791

Actions (login required)

View Item View Item