Pengembangan panduan permainan domikado sebagai teknik konseling kipas untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa sekolah dasar / Suci Nora Julina Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan panduan permainan domikado sebagai teknik konseling kipas untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa sekolah dasar / Suci Nora Julina Putri

Putri, Suci Nora Julina Pengembangan panduan permainan domikado sebagai teknik konseling kipas untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa sekolah dasar / Suci Nora Julina Putri. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Keterampilan sosial siswa sekolah dasar pada saat ini mengalami permasalahan. Informasi diperoleh berdasarkan need assessment yang menunjukkan bahwa siswa memiliki kesulitan dalam hubungan sosial dalam pergaulanya. Siswa yang mengalami kesulitan dalam hidup sosialnya tentunya membutuhkan adanya kegiatan sebagai penunjang dalam meningkatkannya salah satunya yaitu dengan bermain. Karena bermain merupakan kegiatan yang mampu menciptakan tindakan sosial antar individu. Keterampilan sosial yang harus dimiliki siswa sekolah dasar dapat dikategorikan menjadi 3 yaitu interaksi bekerjasama dan menyesuaikan diri dalam pergaulan. Pada penelitian ini dikembangkan permainan domikado sebagai teknik dari konseling KIPAS untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di sekolah dasar. Konseling KIPAS merupakan suatu konseling yang berbasis budaya yang didalamnya juga memetakan permainan-permainan tradisional sebagai teknik yang dapat membantu dalam mengatasi permasalahan siswa. Hasil dari penilaian dari ahli media pembelajaran ahli BK dan calon pengguna menunjukkan bahwa permainan ini memiliki validitas tinggi dengan indeks validator 1 atau keberterimaan sangat baik.Keterampilan sosial siswa sekolah dasar pada saat ini mengalami permasalahan. Informasi diperoleh berdasarkan need assessment yang menunjukkan bahwa siswa memiliki kesulitan dalam hubungan sosial dalam pergaulanya. Siswa yang mengalami kesulitan dalam hidup sosialnya tentunya membutuhkan adanya kegiatan sebagai penunjang dalam meningkatkannya salah satunya yaitu dengan bermain. Karena bermain merupakan kegiatan yang mampu menciptakan tindakan sosial antar individu. Keterampilan sosial yang harus dimiliki siswa sekolah dasar dapat dikategorikan menjadi 3 yaitu interaksi bekerjasama dan menyesuaikan diri dalam pergaulan. Pada penelitian ini dikembangkan permainan domikado sebagai teknik dari konseling KIPAS untuk meningkatkan keterampilan sosial siswa di sekolah dasar. Konseling KIPAS merupakan suatu konseling yang berbasis budaya yang didalamnya juga memetakan permainan-permainan tradisional sebagai teknik yang dapat membantu dalam mengatasi permasalahan siswa. Hasil dari penilaian dari ahli media pembelajaran ahli BK dan calon pengguna menunjukkan bahwa permainan ini memiliki validitas tinggi dengan indeks validator 1 atau keberterimaan sangat baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 20 Aug 0000 04:29
Last Modified: 27 Jul 2023 08:41
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158790

Actions (login required)

View Item View Item