Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X KTK 2 SMK Negeri 5 Malang / Yunita Dwiyani - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X KTK 2 SMK Negeri 5 Malang / Yunita Dwiyani

Dwiyani, Yunita (2014) Penerapan pembelajaran matematika realistik untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X KTK 2 SMK Negeri 5 Malang / Yunita Dwiyani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Dwiyani Yunita. 2014. Penerapan Pembelajaran Matematika Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X KTK 2 SMK Negeri 5 Malang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Dwiyana M.Pd. Ph.D. Kata Kunci Pembelajaran Matematika Realistik Hasil Belajar Dari hasil pengamatan yang dilakukan di kelas X KTK 2 SMK Negeri 5 Malang diperoleh bahwa siswa kurang memiliki minat dalam belajar matematika mudah lupa dengan konsep matematika yang telah diajarkan dan hasil belajar yang tidak memenuhi KKM. Oleh karena itu dibutuhkan suatu pembelajaran yang dapat menarik minat dan meningkatkan hasil belajar siswa. Sehingga dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan Pembelajaran Matematika Realistik dalam membelajarkan materi peluang. Dari penelitian terdahulu yang dilakukan oleh Sholekhah (2009) diperoleh bahwa penerapan pendekatan realistik dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa kelas II Sekolah Dasar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan langkah-langkah Pembelajaran Matematika Realistik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X Kriya Tekstil 2 SMK Negeri 5 Malang. Hasil belajar siswa dikatakan meningkat jika terdapat 80% atau lebih siswa yang mencapai nilai KKM yang telah ditentukan oleh sekolah yaitu 77 8. Pada penelitian ini Pembelajaran Matematika Realistik digunakan pada pembelajaran materi peluang. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I terdiri dari dua pertemuan dan siklus II terdiri dari tiga pertemuan. Masing-masing siklus terdiri dari empat tahapan penelitian yakni perencanaan pelaksanaan pengamatan dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X KTK 2 SMK Negeri 5 Malang dan obyeknya adalah keseluruhan proses dan hasil pembelajaran. Berdasarkan hasil pelaksanaan tindakan siklus I persentase banyaknya siswa yang tuntas belajar adalah 62 07% atau sebanyak 18 siswa sedangkan pada siklus II persentase banyaknya siswa yang tuntas belajar adalah 82 76% dengan nilai rata-rata kelas naik dari 75 10 untuk nilai tes materi sebelumnya 79 untuk nilai tes siklus I dan 84 14 untuk nilai tes siklus II. Sehingga berdasarkan kriteria keberhasilan yang telah ditentukan penelitian ini dikatakan telah berhasil karena hasil belajar siswa meningkat menjadi 82 76%. Langkah-langkah Pembelajaran Matematika Realistik yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X KTK 2 SMK Negeri 5 Malang adalah (1) Kegiatan Pendahuluan pemberian apersepsi dan motivasi berupa masalah dunia nyata maupun hal bermakna bagi siswa sehingga siswa aktif mengeksplorasi masalah tersebut (2) memahami masalah kontekstual yaitu siswa merepresentasikan masalah ke dalam suatu model untuk memudahkan dalam memahami masalah (3) menyelesaikan masalah kontekstual siswa melanjutkan ke tahap penyelesaian secara matematis dengan memanfaatkan hasil kerja siswa untuk pengembangan konsep (4) membandingkan dan mendiskusikan jawaban siswa mengkomunikasikan hasil kerja dan gagasan mereka melalui interaksi diskusi kelas (5) menyimpulkan siswa memberikan kesimpulan terhadap masalah dengan menghubungkan ke situasi nyata.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Aug 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15879

Actions (login required)

View Item View Item