Pengaruh intensitas penggunaan social media dan game online terhadap perilaku bullying siswa kelas V Gugus 2 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Refora Furi Hartono - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh intensitas penggunaan social media dan game online terhadap perilaku bullying siswa kelas V Gugus 2 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Refora Furi Hartono

Hartono, Refora Furi (2020) Pengaruh intensitas penggunaan social media dan game online terhadap perilaku bullying siswa kelas V Gugus 2 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan / Refora Furi Hartono. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Internet merupakan hal yang dapat diakses oleh semua kalangan baik anak-anak hingga orangtua. Dalam mengakses internet tentunya hal yang dilakukan yaitu menggunakan social media dan game online dengan intensitas penggunaan yang berbeda setiap anak. Penggunaan social media dan game online tentu memberi dampak yang besar bagi penggunanya. Hal tersebut mencakup dampak positif dan dampak negatif namun bagi anak Sekolah Dasar dampak yang paling dirasakan yaitu dampak negatif salah satunya bullying. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex-post facto. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V gugus 2 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen penelitian. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan statistik inferensial dengan uji asumsi klasik yang terdiri dari uji normalitas uji heterokedastisitas dan uji multikolinieritas setelah itu analisis regresi yang dilakukan dengan uji t dan uji f. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil sebagai berikut (1) terdapat pengaruh intensitas penggunaan social media terhadap perilaku bullying secara parsial (individu) dengan nilai signifikansi sebesar 0 001 0 05 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3 458 1 99834. (2) terdapat pengaruh intensitas penggunaan game online terhadap perilaku bullying secara parsial (individu) dengan nilai signifikansi sebesar 0 003 0 05 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 3 036 1 99834. (3) terdapat pengaruh signifikan intensitas penggunaan sosial media (X1) dan intensitas penggunaan game online (X2) terhadap perilaku bullying siswa kelas V Gugus 2 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan secara bersamaan dengan nilai Fhitung Ftabel yaitu 11 998 3 14 dan tingkat signifikansi 0 000 0 05. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh intensitas penggunaan social media terhadap perilaku bullying siswa kelas V Gugus 2 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan terdapat pengaruh intensitas penggunaan game online terhadap perilaku bullying siswa kelas V Gugus 2 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan terdapat pengaruh signifikan intensitas penggunaan sosial media dan intensitas penggunaan game online terhadap perilaku bullying siswa kelas V Gugus 2 Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan. Saran yang dapat diberikan yaitu intensitas penggunaan social media dan game online yang digunakan perlu adanya bimbingan di sekolah dan pengawasan di rumah guna menghindari dampak negatif yang dapat diterima oleh siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158784

Actions (login required)

View Item View Item