Penggunaan media kantong berhitung untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada materi penjumlahan 3 angka siswa kelas 2 SDN Panggungrejo 1 Kabupaten Malang / Denny Eka Firmansyah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media kantong berhitung untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada materi penjumlahan 3 angka siswa kelas 2 SDN Panggungrejo 1 Kabupaten Malang / Denny Eka Firmansyah

Firmansyah, Denny Eka (2020) Penggunaan media kantong berhitung untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada materi penjumlahan 3 angka siswa kelas 2 SDN Panggungrejo 1 Kabupaten Malang / Denny Eka Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan hasil pengamatan proses belajar mengajar di lapangan Siswa Kelas II SDN Panggungrejo I Kota Kabupaten Malang belum sepenuhnya menggunakan media dalam proses belajar mengajar matematika. Kegiatan belajar mengajar masih sering menggunakan metode ceramah yaitu guru menjelaskan kemudian siswa mendengarkan dan mencatat. Guru belum menggunakan media kantong berhitung dalam pembelajaran penjumlahan secara bersusun. Hasil belajar siswa pada Ulangan Akhir Semester Gasal berdasarkan hasil wawancara dengan guru kelas terdapat siswa yang hasil belajarnya masih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Tujuan dan penelitian ini adalah Untuk meningkatkan penggunaan media kantong berhitung untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika pada materi penjumlahan 3 Angka Siswa Kelas II SDN Panggungrejo 1 Kabupaten Kabupaten Malang Pendekatan penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang di gunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) Pengumpulan data (2) Reduksi data (3) Penyajian data (4) Penarikan kesimpulan. Prosedur pada penelitian inidilakukan dalam tiga tahap meliputi tahap Pratindakan Siklus I dan Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai hasil belajar siswa pada tahap pratindakan diperoleh nilai rata-rata siswa sebesar 44 dengan kriteria kurang kemudian mengalami peningkatan sebesar 23 2 sehingga nilai rata-rata siswa menjadi 67 2 dengan kriteria cukup pada siklus I selanjutnya dari tahap siklus I ke tahap siklus II juga mengalami peningkatan sebesar 15 2 sehingga nilai rata-rata siswa menjadi 82 4 dengan kriteria baik pada siklus II. Dengan peningkatan hasil belajar siswa maka persentase ketuntasan hasil belajar siswa juga mengalami peningkatan. Pada tahap pratindakan sebesar 28% Siklus I sebesar 52% dan Siklus II sebesar 80%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media kantong berhitung dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi penjumlahan 3 angka siswa kelas II SDN Panggungrejo 1 Kabupaten Malang dari kriteria cukup menjadi baik. Diharapkan Sekolah dapat merekomendasikan kepada guru-guru agar menerapkan atau menggunakan media pembelajaran yang bervariasi karena dapat meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Oct 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158783

Actions (login required)

View Item View Item