Ws, Zulva Imama Ws. (2021) Pengembangan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada materi sistem pencernaan manusia kelas v sdn 1 ngrupit kabupaten ponorogo / Zulva Imama WS. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Media pembelajaran yang digunakan di SDN 1 Ngrupit Kabupaten Ponorogo masih berupa media cetak serta kemampuan guru dalam mengembangkan media masih kurang. Sehingga siswa mudah merasa bosan dan kurang memahami materi yang diajarkan. Salah satu solusinya yaitu dengan membuat media pembelajaran yang dapat menarik perhatian siswa berupa video animasi yang pembuatannya mudah dan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama. Video animasi ini dibuat dengan menggunakan aplikasi powtoon. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan media pembelajaran video animasi berbasis powtoon dengan penguatan karakter rasa ingin tahu pada materi sistem pencernaan manusia kelas V SDN 1 Ngrupit Kabupaten Ponorogo yang valid dan menarik. Penelitian dan pengembangan dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang memiliki 5 tahapan yaitu Analyze Design Development Implementation dan Evaluation. Data yang dianalisis berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Data kuantitatif diperoleh dari hasil validasi ahli materi ahli media pengguna dan hasil angket kemenarikan siswa. Sedangkan data kualitatif diperoleh dari saran dan komentar dari ahli materi ahli media pengguna dan siswa. Produk divalidasi oleh ahli materi dengan hasil 98 32% ahli media 95 2% dan pengguna 94 4% dengan kategori sangat valid dan dapat digunakan tanpa revisi. Sedangkan untuk kemenarikan produk oleh siswa memperoleh hasil 92 8% dengan kategori sangat menarik dan dapat digunakan tanpa revisi. Kelebihan pada video animasi ini adalah lebih mudah diingat penggambaran karakter yang unik efektif karena langsung pada sasaran yang dituju video animasi berisikan gambar audio dan video yang beragam sehingga menarik dan memudahkan siswa memahami materi yang dipelajari mampu membantu pemahaman siswa terhadap materi sistem pencernaan manusia dan video animasi ini bersifat praktis dan interaktif karena dapat dibuka dimanapun dan kapanpun dengan menggunakan laptop atau komputer maupun dengan handphone. Sedangkan kekurangan dari produk ini yaitu pengembangan hanya dilakukan di SDN 1 Ngrupit Kabupaten Ponorogo sehingga memungkinkan tidak sesuai dengan permasalahan sekolah lain penggunaan video animasi ini bergantung dengan kondisi sarana dan prasarana sekolah seperti listrik dan ketersediaan perlengkapan teknologi (LCD projector komputer atau laptop).
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Oct 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/158781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |