Pengembangan multimedia interaktif ips menggunakan articulate storyline materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah untuk kelas iv sd / Muhammad Fahrieza Al Rasyid Syahputra - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia interaktif ips menggunakan articulate storyline materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah untuk kelas iv sd / Muhammad Fahrieza Al Rasyid Syahputra

Syahputra, Muhammad Fahrieza Al Rasyid Syahputra (0000) Pengembangan multimedia interaktif ips menggunakan articulate storyline materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah untuk kelas iv sd / Muhammad Fahrieza Al Rasyid Syahputra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi Covid-19 menyebabkan pembelajaran yang awalnya dilakukan secara luring menjadi dilakukan secara daring. Berdasarkan wawancara dengan guru kelas IV SDN Karangbesuki 1 Kota Malang Pembelajaran IPS yang dilakukan masih jarang menggunakan media pembelajaran. Selain itu berdasarkan angket kebutuhan siswa yang disebarkan pada siswa kelas IV SDN Karangbesuki 1 Kota Malang sebanyak 62.5% masih belum terlalu paham dengan macam kegiatan ekonomi dan 75% siswa masih belum mengetahui potensi daerah yang terdapat di Malang. Selain itu 70% siswa merasa tidak terlalu senang dengan pembelajaran daring yang dilakukan sebanyak 85% siswa menjawab bahwa siswa tertarik dengan multimedia interaktif yang terdapat gambar video suara dan quiz dalam satu aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan multimedia interaktif IPS materi kegiatan ekonomi berdasarkan potensi daerah yang valid menurut ahli materi ahli media dan ahli lapangan serta menarik bagi siswa. Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian dan pengembangan ini yaitu model ADDIE yang dapat digunakan untuk mengembangkan produk multimedia interaktif yang valid dan menarik.Produk multimedia interaktif IPS ini divalidasi oleh validator materi IPS validator media pembelajaran guru sebagai ahli lapangan untuk mengetahui tingkat keterterapan media dalam pembelajaran serta diujicobakan kepada siswa untuk mengetahui respon siswa tentang kemenarikan produk. Data yang digunakan yakni data kualitatif yang didapatkan dari kegiatan wawancara observasi dan angket dan data kuantitatif yang didapatkan dari angket validasi ahli dan respon siswa yang setalah itu dianalisis dan diinterpretasikan. Pada tahap pengembangan dilakukan uji validasi kelayakan multimedia interaktif oleh ahli materi IPS yang menghasilkan nilai validasisebesar 84% ahli media sangat valid sebesar 97% serta guru sebagai ahli lapangan untuk keterterapan multimedia interaktif dengan nilai sangat valid sebesar 90%. Sedangkan pada tahap implementasi terdapat uji coba kepada siswa untuk mengetahui kemenarikan dalam multimedia interaktif menghasilkan nilai73 3% pada uji coba one to one dan 86 1% pada uji coba kelompok kecil yang dapat diinterpretasikan bahwa multimedia interaktif yang dikembangkan menarik. Multimedia interaktif IPS ini dapat dijadikan penunjang tambahan pembelajaran tambahan untuk siswa kelas IV sekolah dasar khususnya pada mata pelajaran IPS KD 3.3. Multimedia interaktif IPS ini diharapan dapat diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat membuat pembelajaran menjadi lebih bermakna dan memotivasi siswa untuk belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 06 Oct 0000 04:29
Last Modified: 09 Sep 0000 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158779

Actions (login required)

View Item View Item