Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis "Quiz Game" subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku kelas IV Sekolah Dasar / Bobby Aldin Pamungkas - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis "Quiz Game" subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku kelas IV Sekolah Dasar / Bobby Aldin Pamungkas

Pamungkas, Bobby Aldin (2020) Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis "Quiz Game" subtema keragaman suku bangsa dan agama di negeriku kelas IV Sekolah Dasar / Bobby Aldin Pamungkas. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada zaman modern ini perkembangan teknologi semakin pesat untuk itu sebagai pendidik guru harus bisa memanfaatkan komputer untuk membantu siswa dalam menangkap materi yang disampaikan. Dari hasil observasi yang telah dilakukan peneliti pada siswa kelas IV SDN Karangbesuki Malang didapatkan bahwa guru dalam proses pembelajaran kurang bervariasi dalam menggunakan media pembelajaran sehingga siswa lebih cepat jenuh dan kurang bergairah dalam belajar. Permasalahan tersebut dapat diatasi salah satunya dengan menggunakan multimedia sebagai media pembelajaran. Multimedia pada sekolah dasar yang dapat digunakan dengan mudah oleh guru maupun siswa salah satunya adalah dengan memanfaatkan aplikasi komputer Microsoft Power Point sebagai salah satu Software pengembang multimedia. Pengembangan multimedia pembelajaran berbasis Quiz Game ini menggunakan model pengembangan (Research and Development). Model pengembangan memiliki tujuan guna menghasilkan produk mengembangkan produk atau membuat produk baru dan menguji keefektifan produk tersebut. Dalam penelitian dan pengembangan multimedia Quiz Game ini peneliti menggunakan metode pengembangan Dick Carey. Langkah-langkah yang akan peneliti lakukan dalam penelitian dan pengembangan ini ialah 1) analisis kebutuhan dan tujuan 2) analisis pembelajaran 3) analisis pembelajar dan konteks 4) merumuskan tujuan performasi untuk unjuk kerja 5) mengembangkan instrumen 6) pengembangan strategi pengajaran 7) pengembangan dan memilih bahan pembelajaran 8) merancang dan melaksanakan evaluasi formatif 9) melakukan revisi. Berdasarkan hasil penelitian dan pengembangan multimedia Quiz Game pada tahap evaluasi formatif dari 2 ahli media mendapat nilai rata-rata 95 45% evaluasi formatif dari 2 ahli materi mendapat nilai rata-rata 94 64% serta evaluasi formatif dari ahli pengguna (guru) mendapat nilai 94 73%. Kesimpulan dari hasil penelitian dan pengembangan dinyatakan bahwa multimedia Quiz Game sangat valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Saran guna pengaplikasian multimedia Quiz Game diharapkan dapat diaplikasikan guru dalam membantu menyampaikan pembelajaran agar lebih mudah dan dapat membantu siswa menangkap materi yang disampaikan dengan lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158766

Actions (login required)

View Item View Item