Pengembangan media pembelajaran lift the flap book materi hak dan kewajiban kelas III SD / Dona Vianty Dwi Paramudita - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran lift the flap book materi hak dan kewajiban kelas III SD / Dona Vianty Dwi Paramudita

Paramudita, Dona Vianty Dwi (2020) Pengembangan media pembelajaran lift the flap book materi hak dan kewajiban kelas III SD / Dona Vianty Dwi Paramudita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada saat magang 1 magang 2 dan pada saat KPL. Permasalahan yang ditemukan peneliti pada saat observasi yaitu bahwa banyak guru yang kurang dalam menggunakan media pembelajaran pada saat proses belajar mengajar. Terutama pada muatan pelajaran yang materinya berupa teori dan hafalan khususnya pada muatan PPKn. Pada saat peneliti terjun langsung untuk mengajar kelas III peneliti menemukan bahwa banyak siswa yang masih kurang memahami konsep hak dan kewajiban. Siswa masih kesulitan jika diminta untuk menyebutkan contoh hak dan kewajiban. Hal ini dikarenakan kurangnya guru dalam menggunakan media pada saat proses belajar mengajar dan juga tahap berpikir siswa kelas rendah masih dalam tahap operasional konkrit sehingga mereka masih kesulitan jika hanya membayangkan atau menggambarkan sesuatu hanya berdasarkan teori. Oleh karena itu peneliti mengembangkanan media berupa buku bergambar Lift The Flap Book untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep hak dan kewajiban. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media Lift The Flap Book materi hak dan kewajiban untuk siswa kelas III yang valid menurut ahli media ahli materi dan dapat digunakan oleh guru dan siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural. Model prosedural merupakan model deskriptif yang menggambarkan alur atau langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode pengembangan Akbar yang sebelumnya sudah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti. Berdasarkan hasil penilaian media Lift The Flap Book oleh 3 ahli media mendapatkan persentase sebesar 94%. Hasil penilaian oleh 2 ahli materi mendapatkan persentase sebesar 90%. Hasil respon guru mendapatkan persentase sebesar 91% dan hasil respon siswa mendapatkan persentase sebeesar 94%. Sebagai media pembelajaran Lift The Flap Book mampu membantu guru dalam menyajikan materi contoh-contoh hak dan kewajiban di rumah terkait dengan penghematan sumber energi melalui gambar ilustrasi. Hal ini akan memudahkan siswa dalam menerima informasi terkait dengan materi karena kegiatan tersebut digambarkan secara jelas melalui ilustrasi. Dikarenakan anak cenderung sensitif terhadap gambar. Oleh karena itu pemilihan media yang penuh dengan ilustrasi akan sangat memudahkan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa media Lift The Flap Book sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Saran untuk pengembangan produk lebih lanjut yaitu dapat menambahkan materi atau mengembangkan materi sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa dengan tetap memperhatikan dan memperhitungkan karakteristik siswa. Penelitian ini dilakukan berdasarkan hasil observasi pada saat magang 1 magang 2 dan pada saat KPL. Permasalahan yang ditemukan peneliti pada saat observasi yaitu bahwa banyak guru yang kurang dalam menggunakan media pembelajaran pada saat proses belajar mengajar. Terutama pada muatan pelajaran yang materinya berupa teori dan hafalan khususnya pada muatan PPKn. Pada saat peneliti terjun langsung untuk mengajar kelas III peneliti menemukan bahwa banyak siswa yang masih kurang memahami konsep hak dan kewajiban. Siswa masih kesulitan jika diminta untuk menyebutkan contoh hak dan kewajiban. Hal ini dikarenakan kurangnya guru dalam menggunakan media pada saat proses belajar mengajar dan juga tahap berpikir siswa kelas rendah masih dalam tahap operasional konkrit sehingga mereka masih kesulitan jika hanya membayangkan atau menggambarkan sesuatu hanya berdasarkan teori. Oleh karena itu peneliti mengembangkanan media berupa buku bergambar Lift The Flap Book untuk memudahkan siswa dalam memahami konsep hak dan kewajiban. Tujuan penelitian ini yaitu menghasilkan media Lift The Flap Book materi hak dan kewajiban untuk siswa kelas III yang valid menurut ahli media ahli materi dan dapat digunakan oleh guru dan siswa. Penelitian pengembangan ini menggunakan model prosedural. Model prosedural merupakan model deskriptif yang menggambarkan alur atau langkah-langkah yang harus diikuti untuk menghasilkan sebuah produk. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode pengembangan Akbar yang sebelumnya sudah dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan peneliti. Berdasarkan hasil penilaian media Lift The Flap Book oleh 3 ahli media mendapatkan persentase sebesar 94%. Hasil penilaian oleh 2 ahli materi mendapatkan persentase sebesar 90%. Hasil respon guru mendapatkan persentase sebesar 91% dan hasil respon siswa mendapatkan persentase sebeesar 94%. Sebagai media pembelajaran Lift The Flap Book mampu membantu guru dalam menyajikan materi contoh-contoh hak dan kewajiban di rumah terkait dengan penghematan sumber energi melalui gambar ilustrasi. Hal ini akan memudahkan siswa dalam menerima informasi terkait dengan materi karena kegiatan tersebut digambarkan secara jelas melalui ilustrasi. Dikarenakan anak cenderung sensitif terhadap gambar. Oleh karena itu pemilihan media yang penuh dengan ilustrasi akan sangat memudahkan siswa. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas maka dapat disimpulkan bahwa media Lift The Flap Book sangat valid dan praktis digunakan dalam pembelajaran. Saran untuk pengembangan produk lebih lanjut yaitu dapat menambahkan materi atau mengembangkan materi sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa dengan tetap memperhatikan dan memperhitungkan karakteristik siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158760

Actions (login required)

View Item View Item