Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berkarakteristik inkuiri pokok bahasan transformasi pada siswa SMP kelas VII / Dhini Woro Rahayuningrum - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berkarakteristik inkuiri pokok bahasan transformasi pada siswa SMP kelas VII / Dhini Woro Rahayuningrum

Rahayuningrum, Dhini Woro (2014) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) berkarakteristik inkuiri pokok bahasan transformasi pada siswa SMP kelas VII / Dhini Woro Rahayuningrum. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rahayuningrum Dhini Woro. 2014. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berkarakteristik Inkuiri Pokok Bahasan Transformasi Pada Siswa SMP kelas VII. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri malang. Pembimbing Drs. Slamet M.Si. Kata Kunci Lembar Kerja Siswa (LKS) berkarakteristik inkuiri Transformasi 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil diskusi dan observasi pengembang dengan guru matematika ketika melaksanakan observasi di SMP Negeri 1 Trenggalek pada bulan November 2013 diperoleh informasi bahwa dalam pelaksanaan pembelajarannya guru menggunakan LKS sebagai penunjang proses belajar mengajar. LKS tersebut berisi ringkasan materi dan soal-soal latihan. Tidak terdapat kegiatan-kegiatan penyelidikan yang merangsang siswa untuk aktif menemukan dan memahami suatu konsep. Khususnya pada pokok bahasan transformasi di dalam LKS hanya terdapat ringkasan rumus contoh gambar transformasi titik dan latihan soal. 12288 12288 12288 12288 12288 Akan tetapi penggunaan LKS tersebut tidak menambah keaktifan siswa untuk terlibat dalam proses pembelajaran. Penggunaan LKS tersebut hanya menambah bahan latihan soal bagi siswa. Oleh karena itu perlu dikembangkan LKS berkarakteristik inkuiri yang memberi wadah bagi siswa untuk aktif terlibat dalam proses pembelajaran dengan menuangkan gagasannya berdasarkan penyelidikan yang dilakukan secara mandiri. Selain itu pada kurikulum KTSP dan KBK materi transformasi tidak diberikan pada jenjang SMP melainkan pada jenjang SMA. Namun pada kurikulum 2013 pokok bahasan transformasi diberikan pada jenjang SMP kelas VII sehingga sulit bagi guru maupun siswa untuk memperoleh bahan ajar yang bervariasi untuk pokok bahasan tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa (LKS) berkarakteristik inkuiri yang valid dan praktis sehingga layak digunakan dalam proses pembelajaran pokok bahasan transformasi. 12288 12288 12288 12288 12288 Model pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri dari empat tahap yaitu 1) define (pendefinisian) 2) design (perancangan) 3) develop (pengembangan) 4) disseminate (penyebaran). Namun dilakukan modifikasi dengan tidak melakukan tahap ke empat yaitu tahap penyebaran karena beberapa alasan yaitu uji coba hanya dilakukan pada kelompok kecil yang terdiri dari enam siswa adanya keterbatasan sumber daya dan waktu dan tidak adanya uji keefektivan penggunaan LKS. 12288 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil uji kevalidan dan uji kepraktisan yang diuraikan pada Bab IV secara keseluruhan berdasarkan penilaian validator produk LKS yang dikembangkan dinyatakan cukup valid dan untuk menyempurnakan LKS ini dilakukan beberapa revisi. Berdasarkan uji coba pada kelompok kecil LKS dinyatakan praktis. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan telah memenuhi kriteria baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jul 2014 04:29
Last Modified: 09 Sep 2014 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15876

Actions (login required)

View Item View Item