Pengembangan media pembelajaran ulat kata (word caterpillar) untuk keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Mergoosno 5 kota Malang / Esti Triana Putri - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran ulat kata (word caterpillar) untuk keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Mergoosno 5 kota Malang / Esti Triana Putri

Putri, Esti Triana (2020) Pengembangan media pembelajaran ulat kata (word caterpillar) untuk keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Mergoosno 5 kota Malang / Esti Triana Putri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Putri Esti Triana. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Ulat Kata (Word Caterpillar) untuk Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I SDN Mergosono 5 Kota Malang. Skripsi Prodi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Achmad Taufiq M.Pd. (II) Ni Luh Sakinah Nuraini S. Pd. M.Pd.. Kata Kunci pengembangan membaca permulaan media pembelajaran Pengajaran membaca permulaan perlu mendapat perhatian yang lebih besar karena membaca merupakan kunci masuknya ilmu pengetahuan. Dalam mengajarakan membaca permulaan guru harus memiliki strategi dan inovasi. Salah satu cara yang bisa dilakukan pendidik untuk menunjang proses belajar bagi siswa adalah menyediakan media pembelajaran. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang dapat mempermudah proses penerimaan materi pelajaranyang disampaikan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas I diperoleh informasi bahwa di kelas I SDN Mergosono 5 Kota Malang membutuhkan media pembelajaran untuk membaca permulaan. Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian dan pengembangan media pembelajaran. Media ini berupa media pembelajaran Ulat Kata (Word Caterpillar) untuk membaca permulaan. Penelitian pengembangan ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Borg and Gall. Jenis data yang diperoleh pada penelitian dan pengembangan ini merupakan data kualitatif dan data kuantitatif. Data kualitatif diperoleh dari saran dan tanggapan dari ahli media ahli materi dan pengguna yang dianalisis dengan cara dideskripsikan yang digunakan untuk merevisi produk. Sedangkan data kuantitatif diperoleh dari persentase bilangan pada hasil angket dari ahli media ahli materi dan pengguna. Instrumen pengumpulan data penelitian pengembangan yang disebarkan oleh peneliti adalah angket. Subjek uji coba pada penelitian dan pengembangan ini terdiri dari ahli media ahli materi guru kelas I dan siswa kelas I SDN Mergosono 5 kota Malang. Hasil dari validasi oleh ahli materi yaitu memperoleh persentase 100% persentase tersebut dapat dikategorikan sangat valid. Kemudian dari hasil validasi ahli media yaitu memperoleh persentase 94 23% persentase tersebut dapat dikategorikan sangat valid. Hasil persentase yang diperoleh dari pengguna guru kelas I memperoleh 93 75% persentase tersebut dapat dikategorikan sangat valid. Selanjutnya hasil persentase yang diperoleh dari uji coba memperoleh 96% persentase tersebut dapat dikategorikan sangat valid.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158759

Actions (login required)

View Item View Item