Pelaksanaan psiko edukatif terhadap kecerdasan emosional pada siswa kelas tinggi SDN Se-gugus 5 Kecamatan Pakis kabupaten Malang / Nuril Urotul Umayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan psiko edukatif terhadap kecerdasan emosional pada siswa kelas tinggi SDN Se-gugus 5 Kecamatan Pakis kabupaten Malang / Nuril Urotul Umayanti

Umayanti, Nuril Urotul (2020) Pelaksanaan psiko edukatif terhadap kecerdasan emosional pada siswa kelas tinggi SDN Se-gugus 5 Kecamatan Pakis kabupaten Malang / Nuril Urotul Umayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Umayanti Nuril Urotul. 2020. Pelaksanaan Psiko Edukatif terhadap Kecerdasan Emosional pada Siswa Kelas Tinggi SDN Se-Gugus 5 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Syaiful Imam S.Pd. M.Pd. (II) Dra. Nihayati S.Pd. M.Pd. Kata Kunci psiko edukatif kecerdasan emosional siswa kelas tinggi Psikologi pendidikan adalah cabang dari psikologi yang dalam tahapannya lebih menekankan pada masalah pertumbuhan dan perkembangan anak baik fisik maupun mental yang sangat erat kaitannya dengan masalah pendidikan terutama yang memengaruhi proses dan keberhasilan siswa. Kecerdasan emosional memegang peranan penting dalam mencapai keberhasilan di segala bidang. Hal ini karena intelektual tidak dapat bekerja dengan sebaik-baiknya tanpa kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pelaksanaan psiko edukatif terhadap kecerdasan emosional pada siswa kelas tinggi SDN Se-Gugus 5 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini meliputi guru dan siswa kelas IV V dan VI SDN Se-Gugus 5 Kecamatan Pakis Kabupaten Malang. Penelitian ini menggunakan teknik Non-Probability Sampling yaitu 10 siswa pada setiap kelas dan jumlah sampel keseluruhannya ialah 60 siswa. Prosedur pengumpulan datanya dilakukan dengan pedoman wawancara terstruktur dan kuesioner. Data dianalisis dengan statitik deskripsti. Siswa dengan kecerdasan emosional yang menunjukka sikap atau tingkah laku negatif dapat menggangu siswa-siswi yang lain saat belajar di sekolah. Peran psiko edukatif menjadi kewajiban guru dalam membimbing atau mengarahkan siswa dengan sikap atau tingkah laku yang tidak baik menjadi siswa yang berperilaku baik dan disukai oleh siswa-siswi di sekolah. Guru yang mempelajari psiko edukatif akan memiliki bekal pengetahuan tentang penyebab-penyebab yang menimbulkan gangguan mental siswa dan dapat mencegah serta mengatasinya dengan benar. Dengan adanya psiko edukatif menjadi kewajiban guru dalam membimbing atau mengarahkan siswa dengan sikap atau tingkah laku yang tidak baik menjadi siswa yang berperilaku baik dan disukai oleh siswa-siswi di sekolah. Guru yang dapat melakukan tugas tersebut dengan bekal dapat memahami tingkah laku siswa dan mengembangkan menjadi tingkah laku yang baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 29 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/158758

Actions (login required)

View Item View Item