Azizah, Nikmatul (2020) Peran guru kelas dalam pelaksanaan pembelajaran pada sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusi di kota Batu / Nikmatul Azizah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Setiap anak terlahir ke dunia dengan keadaan fisik dan psikis yang berbeda-beda. Ada anak yang terlahir dalam kondisi fisik sempurna dan ada pula anak-anak kurang beruntung yang lahir dengan keterbatasan fisik ataupun mental sehingga menjadikan mereka berbeda dengan anak normal atau sering disebut dengan ABK (Anak Berkebutuhan Khusus). Siswa ABK memerlukan layanan pendidikan yang berbeda-beda pada setiap individunya sesuai dengan hambatan dan kebutuhan belajar yang mereka miliki oleh karena itu dibentuklah sekolah penyelenggara pendidikan inklusi agar ABK dapat belajar bersama dengan anak-anak normal. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan secara mendalam tentang peran guru kelas dalam pelaksanaan pendidikan pada sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusi di Kota Batu yang meliputi kegiatan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini terdiri dari guru kelas pada 18 sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusi di Kota Batu yang berjumlah 38 orang. Sampel berjumlah 20 orang yang diperoleh dengan teknik area nonproporsional purposive sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner yang diisi melalui googleform dan dilengkapi dengan panduan wawancara kepada guru kelas yang mengajar di kelas inklusi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis dan disajikan menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran guru kelas dalam kegiatan pembelajaran di kelas inklusi sebesar 81 1% yang termasuk dalam kriteria sangat baik. Dalam kegiatan perencanaan guru kelas merencanakan kegiatan pembelajaran sesuai kebutuhan masing-masing siswa ABK dalam bentuk RPP dan belum mengintegrasikan PPI yang dibuat GPK dalam pembelajaran. Dalam kegiatan pelaksanaan pembelajaran guru kelas berperan untuk mengajar secara klasikal dan harus memberikan perhatian khusus kepada siswa ABK. Guru kelas meminta bantuan GPK untuk memberikan pendalaman materi atau penggunaan media khusus untuk siswa ABK. Dalam kegiatan evaluasi pembelajaran guru kelas menilai hasil belajar siswa dengan modifikasi sesuai kemampuannya dan guru kelas harus menaikkan siswa ABK ke tingkat kelas berikutnya. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa peran guru kelas pada kegiatan perencanaan pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran pada sekolah dasar penyelenggara pendidikan inklusi terlaksana dengan sangat baik dan disesuaikan dengan hambatan serta kebutuhan belajar siswa ABK. Peran guru kelas tidak lepas dari bantuan GPK yang secara khusus menangani siswa ABK. Saran bagi guru kelas dan kepala sekolah senantiasa meningkatkan kompetensi dalam mengajar siswa ABK dengan mengikuti pelatihan tentang sekolah inklusi serta mengadakan sosialisasi tentang program pendidikan inklusi.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 29 Sep 2020 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2020 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/158756 |
Actions (login required)
View Item |